nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Awas! Kecanduan Minum Kopi saat Hamil, Bayi Jadi Sering Kaget

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 27 Agustus 2017 09:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 26 481 1763567 okezone-week-end-awas-kecanduan-minum-kopi-saat-hamil-bayi-jadi-sering-kaget-ZgwByuCOX8.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

HAMPIR semua orang di Indonesia mencintai rutinitas minum kopi. Baik remaja, dewasa hingga orangtua, tapi dengan ibu hamil? Bolehkah ibu hamil minum kopi? Adakah dampak minum kopi terhadap janin?

Pertanyaan-pertanyaan itu selalu terngiang bagi ibu hamil pencinta kopi. Calon ibu pada dasarnya diperbolehkan untuk minum kopi sewaktu hamil. Tapi Anda jangan sampai mengalami kecanduan karena berdampak pada janin saat lahir nanti.

Dokter mengatakan, ibu hamil hanya boleh minum kopi sesekali. Seruputlah kopi satu kali seminggu apabila sangat menginginkannya.

(Baca Juga: Cara Mudah Atasi Kapalan, Rendam dengan Air Hangat Selama 10 Menit, Kulit Mati Akan Terangkat)

Yang harus diwaspadai yakni ibu hamil jangan minum kopi terlalu berlebihan. Anda bisa kecanduan, karena kafein yang bisa diubah menjadi stimulan.

"Kafein dari kopi merupakan zat adiktif yang berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil. Usahakan jangan minum kopi terlalu sering saat hamil," kata Spesialis Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr med dr Damar Prasmusinto SpOG(K) saat ditemui Okezone di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

(Baca Juga: Kaya Nutrisi, Makan Biji Semangka Rebus Bantu Hilangkan Jerawat hingga Meningkatkan Kesuburan Pria)

Lebih lanjut, dr Damar mengungkapkan, dampak bila seorang ibu hamil kecanduan kopi bisa membuat bayi hiperaktif atau cenderung sering kaget. Tentu hal ini dapat mengganggu kenyamanan bayi, terutama di saat tidur.

"Ibu hamil yang kecanduan kopi bisa bikin bayi kagetan. Dampak ini juga bisa terjadi pada ibu hamil yang kecanduan minuman beralkohol," bebernya.

(Baca Juga: Identik dengan Ritual Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 6 Manfaat Ini Lho)

Nah, kalau ibu hamil ingin minum kopi, hindari waktu malam hari. Waktu istirahat malam sebaiknya dipergunakan dengan baik. Hindari risiko insomnia yang bakal mengganggu kesehatan janin pula.

(Baca Juga: Sariawan Tidak Kunjung Sembuh, Normal atau Gejala Kanker Mulut?)

dr Damar juga berpesan, selama kehamilan Anda harus memvariasikan makanan sehat. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan tubuh, serta kekebalannya.

"Sehabis minum kopi, ibu hamil harus banyak minum air putih. Makan sehat dengan buah dan sayur agar mendapatkan antioksidannya," simpulnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini