nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Stres Berlebihan Picu Masalah Kesehatan, Coba Atasi dengan Hirup Lilin Aromaterapi Kopi

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 27 Agustus 2017 07:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 26 481 1763571 okezone-week-end-stres-berlebihan-picu-masalah-kesehatan-coba-atasi-dengan-hirup-lilin-aromaterapi-kopi-qrNPj6lcJm.jpeg Ilustrasi (Foto: Muslyfe)

INDERA penciuman pada orang tertentu bisa sangat kuat. Tak jarang bila seseorang menghirup suatu aroma bisa membawanya pada memori di masa lalu.

Sebut saja ketika menghirup aroma kopi segar atau kayu putih di tempat spa. Di tempat spa, biasanya memang dipasang aromaterapi untuk merangsang respon tubuh.

(Baca Juga: Cara Mudah Atasi Kapalan, Rendam dengan Air Hangat Selama 10 Menit, Kulit Mati Akan Terangkat)

Menurut Burke Williams Spa, aromaterapi mengeluarkan molekul kecil ke udara dan kemudian dihirup oleh pengunjung. Molekul kecil itu akan memicu saraf di hidung yang terhubung langsung ke otak sehingga menciptakan reaksi fisik karena adanya kiriman sinyal. Selain di tempat spa, aromaterapi juga bisa diletakkan di rumah atau tempat kerja.

Dilansir dari Slashed Beauty, Minggu (27/8/2017), inilah manfaat aromaterapi untuk tubuh;

1. Kualitas tidur yang lebih baik

Kegunaan yang paling populer untuk aromaterapi adalah melepaskan lelah. Aromaterapi lebih aman dan berpotensi untuk membantu menghilangkan stres dan sebagai langkah yang baik untuk persiapan baik. Berbagai macam aromaterapi bisa memperbaiki tidur, menenangkan pikiran, dan bersantai.

(Baca Juga: Kaya Nutrisi, Makan Biji Semangka Rebus Bantu Hilangkan Jerawat hingga Meningkatkan Kesuburan Pria)

2. Tetap fokus

Salah satu khasiat aromaterapi adalah meringankan beban dan saraf mental. Hal itu membuat orang yang menghirupnya bisa lebih fokus menyelesaikan pekerjaan karena tidak ada beban pikiran berlebih. Beberapa aroama bisa menenangkan sistem saraf, meningkatkan kewaspadaan, menjaga mood tetap baik sepanjang hari, dan membantu tidur yang berkualitas.

(Baca Juga: Identik dengan Ritual Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 6 Manfaat Ini Lho)

3. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Banyak aromaterapi memiliki sifat antimikroba, antijamur, dan antibakteri. Dengan begitu aromaterapi akan membantu membersihkan udara dari patogen yang menyebar. Sakit pun bisa jadi dihindari. Aromaterapi bisa juga membantu membuka sinus sehingga lebih mudah bernafas di udara lembab.

4. Meningkatkan energi

Beberapa aromaterapi bisa meningkatkan energi sekaligus memperbaiki mood yang buruk. Hal itu tentu membantu Anda tetap segar sepanjang hari dan penuh dengan motivasi.

(Baca Juga: Sariawan Tidak Kunjung Sembuh, Normal atau Gejala Kanker Mulut?)

5. Menghilangkan rasa sakit

Setelah 30 menit wangi aromaterapi menyebar, manfaat yang bisa didapatkan adalah menghilangkan rasa sakit. Hal itu bisa bertahan selama beberapa jam.

Jenis aromaterapi beragam, mulai dari minyak esensial hingga lilin. Banyak orang yang lebih memilih menggunakan lilin sebagai aromaterapi. Salah satu lilin aromaterapi yang disenangi adalah yang beraroma kopi. Lilin aromaterapi kopi bisa melelehkan rasa khawatir, menawarkan suasana yang menenangkan, menghilangkan stres, dan mengeluarkan aroma yang dikenal banyak orang serta disukai.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini