nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Lesu dan Tak Bertenaga, Bangkitkan Lagi Semangat dengan Minum Secangkir Kopi, Mantap Jiwa!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 27 Agustus 2017 13:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 26 481 1763576 okezone-week-end-lesu-dan-tak-bertenaga-bangkitkan-lagi-semangat-dengan-minum-secangkir-kopi-mantap-jiwa-2k7b0jjl5b.jpg Ilustrasi (Foto: Fitlife)

SEBAGIAN orang percaya bahwa kopi adalah obat dari kantuk. Sebetulnya, anggapan tersebut tidak diperbolehkan. Sebab, obat ngantuk, ya, cuma tidur. Tapi, beberapa kondisi mengharuskan Anda untuk tetap terjaga. Makanya, kopi pasti ada di sebelah Anda.

(Baca Juga: Cara Mudah Atasi Kapalan, Rendam dengan Air Hangat Selama 10 Menit, Kulit Mati Akan Terangkat)

Tapi, jika melihat kandungan kafein yang terkandung di kopi, sifat membangkitkan semangat itu benar-benar terbukti. Seperti yang dijelaskan Guru Besar Gizi Masyarakat IPB Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD, di dalam kopi terkandung sifat ergogenik aids atau pembangkit stamina tubuh. Makanya, ketika Anda minum kopi, tubuh kembali bertenaga.

"Konsep ini yang akhirnya membuat beberapa olahragawan menggunakan kopi sebagai obat untuk membugarkan tubuhnya," papar Prof. Ahmad langsung pada Okezone di Institut Pertanian Bogor (IPB), beberapa hari yang lalu.

(Baca Juga: Kaya Nutrisi, Makan Biji Semangka Rebus Bantu Hilangkan Jerawat hingga Meningkatkan Kesuburan Pria)

Diketahui baik untuk membangkitkan stamina, makanya ada anggapan di masyarakat, sebelum Anda berolahraga, ada baiknya untuk mengonsumsi segelas kopi. Itu dipercaya mampu mengaktifkan tubuh secara optimal. Dengan begitu, setiap gerakan olahraga yang Anda lakukan, akan membakar kalori lebih banyak lagi.

(Baca Juga: Identik dengan Ritual Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 6 Manfaat Ini Lho)

Seperti yang dikutip dari laman Men's Fitness, dijelaskan bahwa mengonsumsi kopi sebelum berolahraga mampu membakar lemak tubuh lebih banyak. Sebab, kafein di kopi mampu mengubah pembakaran lemak tersebut menjadi energi yang bermanfaat bagi kesehatan.

(Baca Juga: Sariawan Tidak Kunjung Sembuh, Normal atau Gejala Kanker Mulut?)

Selain itu, dengan mengonsumsi kopi, Anda dapat bergerak lebih maksimal. Setiap gerakan yang dilakukan, dapat dikerjakan dengan tingkatan yang lebih baik. Tentunya ini juga berdampak pada metabolisme tubuh yang lebih baik pula.

Studi lain yang dipublikasi di British Journal of Sports Science menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi sebelum berlari 1.500 meter di atas treadmill mampu menyelesaikannya dalam 4,9 detik lebih cepat dibanding yang tidak minum kopi.

Kemudian, manfaat kopi lainnya adalah menambah konsentrasi. Salah satu dampak dari mengonsumsi kafein adalah mengaktifkan lebih baik kinerja otak Anda. Nah, dengan manfaat tersebut, tentunya itu cukup baik pada mereka yang membutuhkan konsentrasi lebih dalam pekerjaannya. Manfaat ini juga yang membuat Anda memilih kopi sebagai obat anti-kantuk.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini