OKEZONE WEEK-END: Di Balik Manfaatnya, Kopi Ternyata Menyimpan Risiko Kesehatan yang Berbahaya, Apa Saja?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 27 Agustus 2017 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 26 481 1763590 okezone-week-end-di-balik-manfaatnya-kopi-ternyata-menyimpan-risiko-kesehatan-yang-berbahaya-apa-saja-kgaMnHJW6g.jpg Kopi hitam (Foto: Watchfit)

MINUM kopi pagi hari pada sebagian masyarakat menjadi budaya yang wajib dilakukan. Salah satu alasannya adalah untuk menambah semangat. Bahkan, pada beberapa orang, melewati hari tanpa secangkir kopi bisa memengaruhi mood dirinya.

(Baca Juga: Cara Mudah Atasi Kapalan, Rendam dengan Air Hangat Selama 10 Menit, Kulit Mati Akan Terangkat)

Banyak penelitian mengungkapkan manfaat kopi yang sangat luar biasa. Sebut saja sebagai pelindung jantung dan menjadi pencegah masalah jantung kronis. Namun, pada sebagian orang, kopi malah menjadi penyebab masalah kesehatan. Dijelaskan Guru Besar Gizi Masyarakat Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD, kondisi boleh atau tidak mengonsumsi kopi tergantung dari gen tubuh manusia itu sendiri.

’’Nah, pada mereka ber-gen tidak cocok mengonsumsi kopi, maka minuman itu malah menjadi bumerang bagi kesehatan tubuhnya. Beberapa bahaya kesehatan bisa terjadi jika mereka mengonsumsi kopi, sebut saja masalah lambung,’’ terangnya saat diwawancarai Okezone di Institut Pertanian Bogor (IPB), baru-baru ini.

(Baca Juga: Kaya Nutrisi, Makan Biji Semangka Rebus Bantu Hilangkan Jerawat hingga Meningkatkan Kesuburan Pria)

Prof. Ahmad pun menyatakan, kondisi dimana kopi dinyatakan bahaya adalah ketika Anda mengonsumsi minuman tersebut secara berlebihan. Masalah seperti jantung berdegup terlalu cepat, rasa cemas berlebihan, sampai sulit untuk bernapas karena asam lambung naik, bisa saja terjadi. Tentunya, itu akan memengaruhi kepada aktivitas Anda.

(Baca Juga: Identik dengan Ritual Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 6 Manfaat Ini Lho)

Terkait dengan bahaya minum kopi, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, menuturkan pada Okezone, tubuh manusia bisa merasakan bahaya minum kopi salah satu faktornya adalah kondisi tubuhnya sendiri. Maksudnya adalah ada beberapa kondisi yang tidak disarankan untuk minum kopi dan itu cukup berbahaya bagi kesehatan.

Kondisi tersebut antara lain:

1. Perut Kosong

Pada kondisi ini, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kopi. Sebab, dikhawatirkan asam lambung tubuh Anda akan sangat cepat meningkat. Kalau sudah begitu, jangan tanyakan jika nanti perut dan ulu hati Anda jadi kurang nyaman.

(Baca Juga: Sariawan Tidak Kunjung Sembuh, Normal atau Gejala Kanker Mulut?)

2. Saat Anda Mengonsumsi Obat

Pada beberapa obat terkandung dampak yang cukup berarti pada jantung. Jadi, ketika mengonsumsi obat-obatan tertentu, detak jantung pasien menjadi tidak terkontrol. Nah, kalau sudah begitu, dianjurkan untuk tidak minum kopi dulu. Sebab, kopi pun memiliki dampak yang serupa, yaitu mampu mempercepat kinerja jantung. Jika jantung berdetak terlalu cepat, bukannya bahaya?

3. Saat Mengonsumsi Minuman Berenergi

Kopi dan minuman berenergi memiliki sifat yang sama, yaitu meningkatkan kewaspadaan tubuh. Hal itu yang membuat Anda menjadi lebih bersemangat, tidak ngantuk, dan juga lebih kuat. Nah, jika minuman berenergi dan kopi diminum berdekatan waktunya, kebayang bagaimana sistem kerja tubuh? Jelas berlebihan! Kondisi tersebut tentunya berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, bahaya mengonsumsi kopi secara berlebihan atau bagi mereka yang tidak disarankan mengonsumsi kopi adalah kopi bisa berdampak buruk ke kesehatan tulang. Hal tersebut terjadi karena kopi yang masuk ke dalam tubuh dapat mengikis kalsium dari dalam tubuh dan mengeluarkannya menjadi urin. Efek dari itu adalah tulang manusia menjadi tipis. Kondisi demikian mempercepat terjadinya masalah osteoporosis.

Kemudian, diketahui bahwa kopi juga berisiko pada kesehatan janin. Dilansir dari laman Today, sebuah penelitian di British Medical Journal menunjukan bahwa kafein dalam jumlah sedang atau tiga cangkir kopi setiap harinya, meningkatkan risiko kelahiran prematur sekitar 4,2 persen.

Namun, data ini harus dikembalikan ke ibu hamilnya sendiri. Sebab, pada penelitian yang sama, dampak kopi itu sendiri dilihat juga dari riwayat kesehatan sang ibu, tidak serta merta karena kopi. Tapi, yang perlu digarisbawahi, risiko itu tetap ada. Tinggal seberapa tinggi kadar toleransi akan kafein tubuh Anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini