nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengerikan! Main Handphone Sembari BAB Berbahaya, Bisa Tularkan Penyakit Infeksi

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 28 Agustus 2017 07:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 26 481 1763610 mengerikan-main-handphone-sembari-bab-berbahaya-bisa-tularkan-penyakit-infeksi-vA31CvEGxS.jpg Ilustrasi (Foto: Express)

SAAT ini semakin banyak orang yang tidak bisa lepas dari handphone. Gadget yang satu ini selalu dibawa ke mana pun Anda pergi, termasuk ke toilet.

Tak sedikit orang buang air besar sambil bermain handphone di kamar mandi. Sebaiknya jangan lakukan kebiasaan itu karena memicu penularan penyakit.

(Baca Juga: Cara Mudah Atasi Kapalan, Rendam dengan Air Hangat Selama 10 Menit, Kulit Mati Akan Terangkat)

Handphone merupakan salah satu benda yang cepat menularkan penyakit. Terlebih penggunaan handphone yang tak bisa lepas dalam kehidupan sehari-hari, sehingga berisiko menjadi tempat bakteri.

(Baca Juga: Kaya Nutrisi, Makan Biji Semangka Rebus Bantu Hilangkan Jerawat hingga Meningkatkan Kesuburan Pria)

Tapi bayangkan, jika menggunakan handphone tanpa melihat tempat seperti di kamar mandi, Anda bisa berisiko tertular penyakit. Kamar mandi merupakan sarang bakteri salmonella yang menyebarkan penyakit.

(Baca Juga: Identik dengan Ritual Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 6 Manfaat Ini Lho)

Misalnya, bila usai buang air besar tentu tangan kita menjadi kotor, karena belum tentu membersihkannya sampai tuntas atau benar. Dampaknya penyakit bisa menginfeksi tubuh Anda, karena bekas membersihkan bagian anus.

Pakar menyebutkan, apabila seseorang menggunakan ponsel dalam kamar mandi berisiko mengalami penyakit infeksi. Seperti paling sering yakni flu dan diare.

(Baca Juga: OKEZONE STORY: "Tanda Lahir Ini Menutupi Seluruh Tubuhku, Mereka Tertawa Sambil Memanggilku Monyet dan Dalmatian")

Peluang pembiakan bakteri di area ponsel juga cenderung lebih besar risikonya. Ponsel bisa menghantarkan panas yang tentu membuat bakteri semakin senang untuk hidup.

Nah, menggunakan ponsel juga tidak jauh dari tangan. Kedua tangan Anda bisa kotor dan terinfeksi bakteri. Apalagi Anda bisa sharing bakteri akibat bertukar handphone dengan orang lain.

Belum lagi, jika Anda meletakkan ponsel di bagian dudukan toilet. Hal ini membuat kuman pasti langsung menempel di ponsel Anda.

Selain itu, tidak cuma handphone yang menyebarkan kuman dan bakteri. Sikat gigi dan handuk yang Anda gunakan juga menyebarkan bakteri pemicu penyakit.

Usai mandi sebaiknya jangan simpan handuk dan sikat gigi di kamar mandi. Hal ini dapat membuat Anda semakin berisiko tertular penyakit infeksi berbahaya. Demikian sebagai yang dilansir dari Timesofindia, Senin (28/8/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini