Share

Alamak, Madu Ternyata Bisa Disimpan Hingga Ribuan Tahun, Juga 3 Makanan Lainnya

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Senin 28 Agustus 2017 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 28 298 1764461 alamak-madu-ternyata-bisa-disimpan-hingga-ribuan-tahun-juga-3-makanan-lainnya-PCx51B8ax9.jpg Madu bisa disimpan hingga ribuan tahun lalu (Foto:Secrets)

SELAIN wine, hampir seluruh makanan dan minuman yang ada di dunia ini memiliki masa kedaluwarsa yang terbilang singkat. Ketika makanan memasuki masa kedaluwarsa, rasa dan kandungan nutrisinya pun akan terkena dampaknya.

Namun ternyata, ada sejumlah bahan makanan yang mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama hingga mencapai ribuan tahun. Hal ini disebabkan oleh proses pengolahan dan penyimpananya yang dilakukan secara khusus. Penasaran? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari CNN, Senin (28/8/2017).

BACA JUGA:

Terungkap! Mi Instan Cup Ternyata Bisa Diseduh dengan Air Dingin!

Waspada Racun Mematikan Dibalik Kenikmatan Dahsyat Biji Tonka

 

Madu

Pada  2015, para arkeolog melaporkan bahwa mereka telah menemukan madu berusia 3.000 tahun saat menggali makam kuno di Mesir. Dan ternyata, madu itu masih layak untuk dikonsumsi dengan cita rasa manis yang sempurna. Para arkeolog mengklaim, alasan madu tersebut dapat bertahan hingga ribuan tahun lamanya karena kandungan airnya sangat rendah dengan kadar gula yang cukup tinggi.

Hal ini menyebabkan bakteri tidak dapat berkembang di dalam makanan tersebut. Madu juga disinyalir mengandung hidrogen peroksida yang mampu menghambat pertumbuhan mikroba.

Kacang kering

Seperti halnya madu, rahasia agar makanan dapat bertahan lama adalah tergantung pada proses pengolahan dan penyimpanannya. Proses pengolahan kacang kering, kacang lentil, dan kacang polong membuat kandungan gulanya menjadi lebih tinggi dan juga menurunkan kadar airnya, sehingga bakteri dan jamur akan sangat sulit berkembang.

Proses pengeringan juga menciptakan enzim yang dapat menghentikan perkembangan bakteri. Selain itu, jika kacang diletakkan di dalam wadah kedap udara, makanan ini juga dapat bertahan hingga bertahun-tahun dan menjadi sumber portein yang baik untuk tubuh. Namun, jika Anda membiarkan air masuk, kacang hanya akan bertahan beberapa bulan.

Kecap

Dibandingkan bumbu dapur lainnya, kecap memiliki potensi untuk bertahan selama tiga tahun. Kombinas kandungan garam dan juga proses fermentasi membuat bumbu ini dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Waktunya tergantung pada jenis kecap, suhu saat disimpan, dan kemasannya. Jika kemasankecap sudah dibuka, kemungkingan besar jamur telah tumbuh di sekitar tutupnya.

BACA JUGA:

7 Restoran Terekstrem di Dunia Siap-Siap Makan Sambil Jantung Berdegup Kencang, Ada Restoran di Puncak Gunung Bersalju

RESEP NENEK: Sate Kerang atau Kulit Ayam, Keduanya Bikin Makan Siang Makin Berselera

Cuka

Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa cuka sebenarnya mirip dengan wine atau cider. Namun, karena sifat asam yang notabennya berasal dari hasil fermentasi bakteri aectobacter, hal tersebut membuat bakteri lain kesulitan untuk tumbuh di dalamnya, sehingga cuka bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama.

Meskipun demikian, terkadang ada beberapa perubahan yang akan Anda temukan ketika menyimpan cuka dalam waktu yang lama yakni, warna dan rasanya. Biasanya, hal ini tidak akan mempengaruhi keamanan produk dan Anda masih dapat mengonsumsinya.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(ndr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini