CATAT, Ini 4 Jenis Makanan Punya Masa Kedaluwarsa Paling Lama, Cokelat Hitam Salah Satunya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 28 Agustus 2017 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 28 298 1764600 catat-ini-4-jenis-makanan-punya-masa-kedaluwarsa-paling-lama-cokelat-hitam-salah-satunya-U8mGNDEaxP.jpg Cokelat hitam miliki masa kedaluarsa paling lama (Foto:Revolution)

MEMASAK merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan dan bisa dijadikan sebuah hobi yang positif. Kendati demikian, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mendalami dunia masak lebih jauh lagi, seperti mengetahui jenis-jenis peralatan masak yang harus dibutuhkan, hingga mengenali bahan-bahan makanan yang akan digunakan.

Hal tersebut penting dilakukan mengingat beberapa bahan makanan memiliki batas waktu pemakaian atau masa kedaluwarsa. Jika makanan sudah kedaluarsa, dapat dipastikan rasa dan kualitasnya akan menurun sehingga tidak layak lagi dikonsumsi oleh manusia.

BACA JUGA:

Terungkap! Mi Instan Cup Ternyata Bisa Diseduh dengan Air Dingin!

Waspada Racun Mematikan Dibalik Kenikmatan Dahsyat Biji Tonka

Untuk menghindarinya, berikut Okezone rangkumkan 4 jenis bahan makanan yang dapat bertahan lama jika disimpan dengan baik dan benar, sebagaimana dilansir dari CNN, Senin (28/8/2017).

Beras putih

Selain madu, beras putih ternyata memiliki daya tahan yang cukup kuat hingga dapat dikonsumsi meski telah disimpan selama 30 tahun. Menurut para ahli, kunci sukses penyimpanan beras putih adalah atmosphere dan suhu tempat menyimpan bahan makanan tersebut. Agar dapat bertahan lama, beras harus disimpan pada suhu 3 derajat Celcius dengan kandungan oksigen yang minim.

Sedangkan untuk beras merah, meski sering dianggap lebih sehat dibandingkan beras putih, masa kedaluwarsanya ternyata lebih pendek dibandingkan beras putih. Bekatul atau kulit terluar pada beras merah mengandung lemak tak jenuh yang bisa menghasil aroma apek dan berminyak. Jika sudah demikian, sebaiknya Anda membuang beras tersebut.

 

Dark Chocolate

Banyak perdebatan yang merujuk kepada sebuah fakta bahwa chocolate dapat terkontaminasi bakteri jika disimpan terlalu lama. Terlebih jika cokelat diolah dengan campuran produk dairy, masa kedaluwarsanya pun akan berkurang drastis. Namun ternyata, tidak semua jenis cokelat mengalami hal tersebut. Salah satunya adalah dark chocolate.

Bahan makanan yang satu ini memiliki masa kedaluwarsa yang cukup lama karena tidak mengandung dairy sama sekali. Selain itu, jika cokelat disimpan pada suhu konstan lemak pada hidangan tersebut akan naik ke permukaan sehingga ia bisa bertahan selama kurang lebih dua tahun.

BACA JUGA:

7 Restoran Terekstrem di Dunia Siap-Siap Makan Sambil Jantung Berdegup Kencang, Ada Restoran di Puncak Gunung Bersalju

RESEP NENEK: Sate Kerang atau Kulit Ayam, Keduanya Bikin Makan Siang Makin Berselera

Garam dan gula

Sebagian besar makanan yang memiliki masa kedaluwarsa cukup lama mengandung kadar gula dan garam yang cukup tinggi. Secara sederhana, gula ampuh untuk menarik kadar air yang ada dalam makanan. Hal ini akan mencegah bakteri tumbuh di dalam makanan tersebut. Itulah sebabnya banyak orang menaburkan garam di atas potongan daging atau menambahkan gula ketika membuat selai, karena keduanya berkhasiat menciptakan gravlax.

Selain itu, jika garam dan gula disimpan jauh dari uap air atau dalam wadah kedap udara, bahan makanan ini dapat bertahan selamanya. Tentu saja, kebanyakan jenis makanan tidak mampu bertahan lama, karena mengandung banyak nutrisi yang disukai oleh mikroba seperti nutrisi dan air. Oleh karenanya, Anda harus mengetahui bahwa masa kedaluwarsa digunakan untuk alasan keamanan atau kelayakan makanan. Tanggal kedaluwarsa mungkin hanya sedikit berpengaruh pada tampilan dan sedikit rasa makanan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini