nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengerikan! Menderita Dermatillomania, Perempuan Ini Doyan Mengelupasi Kulitnya Sendiri

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 28 Agustus 2017 09:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 28 481 1764351 mengerikan-menderita-dermatillomania-perempuan-ini-doyan-mengelupasi-kulitnya-sendiri-v2lB5lCrLV.jpg Penderita Dermatillomania (Foto: Nypost)

KEBANYAKAN perempuan menginginkan tampilan yang sempurna dari segala aspek termasuk kulit. Kaum hawa biasanya menjaga agar kulitnya tetap kencang dan kenyal dengan sederet produk perawatan. Tapi, seorang perempuan asal Pennsylvania malah membuat kulit tubuhnya dipenuhi luka.

Perempuan ini bernama Linda Smith dan mengidap dermatillomania. Dermatillomania adalah kelainan mental yang membuat penderitanya memiliki keinginan untuk mengelupas kulitnya sendiri, karena terlihat seperti luka bakar. Sejak kecil, Linda sudah mengalami kelainan aneh ini. Setidaknya selama 8 jam dalam sehari, dia selalu mengelupas kulit tubuhnya. Karena kelainan yang dimilikinya, kulit tubuh Linda dipenuhi luka. Linda baru berhenti dari kegiatan mengelupasnya saat tertidur atau tidak sadarkan diri.

Baca Juga: Mengerikan! Main Handphone Sembari BAB Berbahaya, Bisa Tularkan Penyakit Infeksi

Keadaan ini membuat Linda ingin dibuat koma oleh dokter yang merawatnya. "Sangat sulit untuk berurusan dengan semua waktu. Ini mungkin terdengar ekstrem tapi saya merasa ingin mati karena kelainan ini tidak akan pernah berhenti. Saya merasa benar-benar putus asa dan tak berdaya," ungkap Linda seperti yang dikutip dari New York Post, Senin (28/8/2017). Ibu dua anak itu terpaksa harus berdiam diri di rumah, karena bukan hanya menghabiskan waktu untuk menguliti diri, tapi Linda juga harus mencukur rambut yang tumbuh lebat di wajahnya.

(Baca Juga: Cara Mudah Atasi Kapalan, Rendam dengan Air Hangat Selama 10 Menit, Kulit Mati Akan Terangkat)

Untuk menghilangkan luka di wajahnya, Linda memang menggunakan krim steroid. Tapi ternyata, bukan luka yang hilang melainkan rambut yang tumbuh lebat. Linda harus menunggu sampai malam hari untuk keluar rumah. Malah, karena depresi yang dialaminya dan merasa rendah diri, ia kehilangan bobot tubuh hingga 14 kg.

Linda berhenti menggunakan krim untuk merawat wajahnya karena dokter telah memperingatkannya agar tidak memakai produk perawatan agar kondisi kulitnya tidak semakin parah. "Ini mengambil alih hidup saya dan memengaruhi segalanya. Saya tidak bisa merawat diri saya sendiri sehingga semakin tua, saya semakin mengerikan," tutur Linda.

(Baca Juga: Kaya Nutrisi, Makan Biji Semangka Rebus Bantu Hilangkan Jerawat hingga Meningkatkan Kesuburan Pria)

"Satu-satunya cara agar saya berhenti menyentuh kulit jika saya tidak sadarkan diri dan mengalami koma. Saya tidak tahu apakah dokter akan mengijinkan saya menjadi koma. Tapi hal itu adalah pilihan agar kulit saya sembuh dan saya akan melakukannya. Cara lain mungkin memasukkan saya ke dalam strait jacket atau ada orang di sisi saya selama 24 jam agar saya bisa menghentikan kegiatan untuk menguliti tubuh saya," pungkas Linda.

(Baca Juga: Identik dengan Ritual Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 6 Manfaat Ini Lho)

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini