Anda Kurang Tidur? Coba 6 Cara Ini agar Tetap Berenergi, Jangan Minum Kopi Termasuk!

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 29 Agustus 2017 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 28 481 1764903 anda-kurang-tidur-coba-6-cara-ini-agar-tetap-berenergi-jangan-minum-kopi-termasuk-7NdknHngLj.jpg Ilustrasi (Foto: Health)

TIDUR malam adalah istirahat yang paling baik. Selain membuat pikiran menjadi lebih jernih, tidur juga membuat tubuh lebih bertenaga untuk menjalankan aktivitas keesokan harinya.

(Baca Juga: Waspada! Ini Tanda-Tanda Kanker yang Jarang Diketahui)

Orang dewasa untuk tidur paling tidak 7-8 jam sehari. Tapi tidak semua orang bisa tidur selama itu. Banyak orang yang tidurnya kurang karena tuntutan pekerjaan atau hal lainnya.

Kurang tidur membuat kepala menjadi pusing dan rasa kantuk yang menyerang sepanjang hari. Tapi, sebenarnya ada cara mudah yang bisa membuat Anda kembali fresh. Dilansir dari Health, Selasa (29/8/2017), inilah cara yang bisa Anda lakukan agar bisa terbebas dari rasa kantuk walaupun kurang tidur;

Tetap bangun

Apakah Anda termasuk orang yang sering memasang alarm agar terbangun di pagi hari? Jika ya, apabila Anda kurang tidur, ada baiknya jangan hanya mematikan alarm lalu tertidur lagi. Walaupun Anda baru tidur 3-4 jam, Anda tetap harus terbangun. Sebab, tubuh sudah memiliki ritme sirkadiannya sendiri.

(Baca Juga: Mengerikan! Menderita Dermatillomania, Perempuan Ini Doyan Mengelupasi Kulitnya Sendiri)

Waktu bangun yang konsisten adalah kunci agar pola dalam proses fisiologis Anda tidak terganggu. Proses fisiologis memengaruhi segala aspek mulai dari energi, imunitas, metabolisme, hingga kreativitas.

Berjalan di sekitar rumah

Setelah Anda terbangun, ada baiknya Anda berjalan-jalan sebentar di sekitar rumah. Cahaya alami dari sinar matahari bisa membantu memberi isyarat kepada jam tubuh agar menekan produksi melatonin, hormon yang membuat Anda mengantuk.

(Baca Juga: Usia Semakin Tua, Jangan Sering-Sering Begadang, Kurang Tidur Meningkatkan Risiko Demensia)

Dengan begitu, Anda tidak perlu melawan rasa kantuk sepanjang hari melainkan tetap fokus menjalankan aktivitas. Selain itu, sinar matahari juga bisa meningkatkan mood karena memicu pelepasan hormon serotonin.

Jangan terlalu banyak minum kopi

Banyak orang yang memilih minum kopi aat rasa kantuk menyerang karena kurang tidur. Anda tetap boleh minum kopi di pagi hari, tapi tidak saat istirahat makan siang atau di sore hari. Sebab, bila Anda minum kopi di waktu itu, Anda akan kembali sulit tidur di malam harinya. Jika begitu, Anda akan kembali kehilangan waktu tidur.

(Baca Juga: Mengerikan! Main Handphone Sembari BAB Berbahaya, Bisa Tularkan Penyakit Infeksi)

Tidur siang

Apabila Anda kurang tidur, usahakanlah untuk tidur paling tidak 25 menit di siang hari. Hal itu akan membantu Anda untuk mengejar waktu tidur yang hilang. Tidur siang sebentar akan membantu Anda lebih segar.

Cari aktivitas

Menjelang sore hari, rasa kantuk biasanya akan kembali datang kira-kira pukul 3 sore. Di waktu itu, ada baiknya Anda berjalan kaki paling tidak 10 menit agar rasa kantuk hilang dan kembali berenergi. Hal itu lebih baik dibandingkan dengan minum kopi.

Cegah keinginan untuk tidur

Walaupun Anda sudah sangat mengantuk ketika sampai di rumah setelah seharian beraktivitas, tahan keinginan untuk segera tertidur bila waktu tidur Anda yang biasa belum tiba. Sebab, bila Anda tidur lebih awal, keesokan harinya ketika bangun Anda akan merasa lelah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini