Gawat! Gara-Gara Climate Change, Beruang Grizzly Sekarang Jadi Vegetarian

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 29 Agustus 2017 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 29 298 1765604 gawat-gara-gara-climate-change-beruang-grizzly-sekarang-jadi-vegetarian-oyfZE81rau.jpg Beruang jadi vegetarian akibat perubahan iklim (Foto:Ist)

CLIMATE change atau perubahan iklim ternyata membawa dampak yang sangat buruk dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Selain meningkatkan potensi bencana alam, climate change juga merusak ekosistem yang disebabkan oleh perubahan pola makan beruang grizzly. Jika sebelumnya makanan favorit mereka adalah ikan salmon segar, kini para beruang mulai beralih mengonsumsi buah beri dan menetap di atas perbukitan.

Menurut para ilmuwan, hal ini dapat menyebabkan masalah besar di masa yang akan datang. Seperti diketahui, beruang grizzly adalah hewan omnivora yang memakan daging dan juga tanaman. Menurut The Telegraph, beruang di Kodiak Island, Alaska, biasanya memakan sekitar 75 persen populasi salmon sockeye di daerah sungai di pulau tersebut.

Kemudian, ketika elderberry di daerah itu matang pada akhir musim panas, beruang akan mengunjungi daerah tersebut untuk menyantapnya. Paling tidak, itulah kebiasaan yang sering dilakukan setiap beruang dari tahun ke tahun.

BACA JUGA:

Perhatikan Waktu Penyimpanan Keju Berdasarkan Jenisnya, dari yang Keras hingga Keju Lunak

Patut Bangga, Jenis Garam Termahal di Dunia Ternyata Berasal dari Selat Bali

Namun sekarang, sebuah studi baru menunjukkan bahwa suhu yang terus meningkat membuat buah elderberry matang sebelum waktunya. Hal ini membuat para beruang memiliki dua pilihan makanan yakni, buah beri dan salmon. Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa hewan mamalia itu akan memilih salmon ketimbang buah beri. Berdasarkan hasil penelitian para ahli, beruang-beruang itu ternyata lebih memilih meninggalkan sungai penuh salmon, dan menetap di perbukitan sambil memakan elderberry.

“Fenomena ini ibaratnya seperti menyuguhkan sarapan pagi dan makan siang secara bersama-sama, dan tidak ada makanan yang dapat dimakan hingga makan malam tiba. Anda harus memilih antara sarapan dan makan siang karena Anda hanya bisa makan banyak di sebuah restoran dalam satu waktu,” kata William Deacy ahli biologi dari Universitas Oregon State.

BACA JUGA:

Terciduk! Wanita Ini Coba Sembunyikan Sebotol Vodka di Dalam Sandwich!

Alamak, Madu Ternyata Bisa Disimpan Hingga Ribuan Tahun, Juga 3 Makanan Lainnya

Dari segi nutrisi, buah beri mengandung lebih banyak kadar gula dibandingkan salmon. Buah ini juga mengandung lebih sedikit protein dan lebih mudah untuk dicerna. Para peneliti mengatakan bahwa jika beruang terus mengonsumsi buah tersebut, berat tubuh mereka akan meningkat drastis.

Selain itu, perubahan pola makan ini juga berdampak pada ekosistem Kodiak Island. Para beruang yang biasanya membunuh 75% salmon pada awal musim panas, kini menyisakan banyak salmon yang masih hidup. Dan ternyata, bangkai salmon sisa makanan para beruang itu memainkan peran penting dalam pemupukan tanah. Saat ini, hutan di daerah Kodiak Islam dilaporkan menderita kekurangan nutrisi yang biasanya disediakan oleh bangkai salmon.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini