nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Memilukan! Foto-Foto Ini Buktikan Perbedaan Drastis Kehidupan di Korea Utara dan Korea Selatan

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 29 Agustus 2017 17:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 29 406 1765498 memilukan-foto-foto-ini-buktikan-perbedaan-drastis-kehidupan-di-korea-utara-dan-korea-selatan-Ek9T0yW3B1.jpg Perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan (Foto: Huffingtonpost)

BUKAN rahasia lagi jika dua negara Korea memiliki kehidupan yang berbeda. Namun sulitnya berkunjung ke Korea Utara membuat tak banyak orang yang bisa ke sana dan melihat kehidupan masyarakatnya secara langsung.

Beruntung, seorang entrepreneur Jacob Laukaitis bisa berkunjung ke Korea Utara selama 7 hari dengan pemandu wisata. Ia sengaja datang untuk membandingkan perbedaan antara dua negara yang sudah sekian lama tidak bersahabat.

Jacob pun berhasil membuktikan perbedaan yang kontras itu melalui sebuah video dan foto-foto yang dia ambil. Menurutnya, perbedaan ini sungguh terasa memilukan.

"Mengapa seluruh kekuatan di Utara terkonsentrasi di tangan satu orang... Sedangkan di Selatan orang memiliki kekuatan untuk memilih pemimpin mereka sendiri?" tanya Jacob dalam videonya dikutip dari Huffingtonpost, Selasa (29/8/2017).

Gambar-gambar ini memang hanya diambil dari sudut pandang seorang pengunjung. Tetapi foto-foto ini juga mencerminkan perbedaan yang nyata antara Korea Utara dan Korea Selatan.

"Mengapa orang-orang di Utara tidak diizinkan untuk bebas berinteraksi dan berbagi pemikiran dengan saya, sementara orang-orang di Selatan bisa melakukan apapun yang mereka inginkan? Melihat perbedaan ini secara langsung membuat hatiku hancur," lanjut Jacob.

Berikut beberapa foto yang menunjukkan perbedaan di Korea Utara dan korea Selatan yang berhasil diabadikan oleh Jacob Laukaitis:

Menikmati waktu santai

Di Korea Selatan, orang-orang menikmati waktu bebasnya dengan piknik bersama keluarga dan mendirikan tenda di taman dengan pakaian santai. Mereka menghabiskan waktu untuk bersantai dengan orang-orang tersayang. Sedangkan di Korea Utara, orang-orang menghabiskan waktu santai mereka dengan baris-berbaris dan mengenakan pakaian formal di sebuah lapangan. Perbedaan ini tentu saja sangat mencolok.

Gaya para remaja