nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Sisi Potensi Pariwisata Bikin Indonesia Siap Jadi Taman Wisata Dunia

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 29 Agustus 2017 18:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 29 406 1765595 10-sisi-potensi-pariwisata-bikin-indonesia-siap-jadi-taman-wisata-dunia-eWNTvH0J53.jpg Wisata Bahari (Foto: Okezone)

INDONESIA memiliki banyak potensi wisata yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Potensi-potensi tersebut terbagi atas 10 jenis yang bisa dikembangkan.

Potensi pariwisata Indonesia pun dijabarkan mulai dari wisata alam, udara, bahari, sejarah, budaya, kuliner, agro, belanja, fashion, dan MICE (Meeting Insentive Convention Exhibition). Dengan potensi yang ada, Indonesia pun siap menjadi taman wisata dunia atau World Tourism Park.

Baca Juga: Serba-Serbi Pembuatan Mumi, Ada Ritual yang Mengorbankan Anak-Anak!

“Potensi kita untuk tempat wisata banyak sekali. Tapi masalahnya pada kemasan. Kami ingin mengangkat seluruh potensi daerah dengan kebanggaannya dan memasukkan dalam satu kemasan,” ujar Daniel Kumendong, CEO WTPFoundation di Jakarta Pusat, belum lama ini.

Ia juga ingin masyarakat dunia pada akhirnya bisa mengenal Indonesia sebagai negara yang terkenal karena diving dan kulinernya, bukan keburukannya.

Untuk melancarkan tujuan itu, beberapa publik figur pun terlibat dalam proyek yang mempromosikan pariwisata Indonesia berdasarkan pada keahlian masing-masing. Misalnya, perancang busana Lenny Agustin ditunjuk sebagai duta wisata untuk bidang fesyen.

Baca Juga: Capuchin Catacombs, Wisata Angker Menyaksikan 8.000 Mumi Dipajang di Etalase

Lenny sendiri mengaku sejak berkarier pada 2001, dirinya selalu konsisten menggunakan bahan-bahan asli Indonesia. Ini merupakan bentuk cinta dirinya terhadap Indonesia.

“Sejak 2001 saya konsisten memakai bahan-bahan dari Indonesia. Agar produk Indonesia bisa bersaing di dunia,” ujar Lenny yang dikenal tampil dengan penuh warna.

Untuk duta wisata bahari, Nadine Chandrawinata dipilih karena hobi dan kontribusinya pada laut Indonesia. Nadine juga dianggap sebagai sosok yang tepat untuk mempromosikan wisata bahari Indonesia.

Sedangkan duta wisata udara adalah Naila Novaranti. Nama wanita ini mungkin belum begitu familiar di telinga masyarakat Indonesia. Namun Naila adalah wanita yang memiliki prestasi hebat dengan berkarier sebagai satu-satunya anak bangsa yang menjadi pelatih terjun payung di 46 negara sekaligus atlet terbaik dunia di bidang skydiving.

Baca Juga: Memilukan! Foto-Foto Ini Buktikan Perbedaan Drastis Kehidupan di Korea Utara dan Korea Selatan

Naila mengatakan, olahraga skydiving di Indonesia memang belum terlalu dikenal. Namun ia berharap kelak pariwisata Indonesia bisa dinikmati dari udara melalui skydiving.

“Visi kita membawa penerjun internasional untuk datang ke sini. Kita akan bawa dari Inggris dan Amerika untuk terjun di Kuta, Bali untuk melihat keindahan alam Bali,” ujar Naila.

Untuk menindaklanjuti program ini, World Tourism Park Forum akan digelar pada November 2017. Dari forum itu, sebanyak 45 tujuan wisata unggulan Indonesia akan dipromosikan dengan lebih baik.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini