nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gaya Hidup untuk Cegah Penyakit Osteoarthritis, Kurangi Makan Garam, MSG hingga Jaga Berat Badan

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 29 Agustus 2017 11:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 29 481 1765102 gaya-hidup-untuk-cegah-penyakit-osteoarthritis-kurangi-makan-garam-msg-hingga-jaga-berat-badan-NLWPxK9N2t.jpg Ilustrasi (Foto: Lifestyleafrica)

SEMAKIN bertambah usia, tingkat kepadatan tulang, sendi dan otot seseorang semakin berkurang. Untuk mencegahnya, ada gaya hidup yang harus Anda jalani supaya tak menyiksa diri.

Disebutkan para ahli, banyak orang yang hidup di zaman modern menderita gangguan tulang, otot dan sendi. Diprediksi banyak laki-laki dan perempuan menderita osteoarthritis.

(Baca Juga: Waspada! Ini Tanda-Tanda Kanker yang Jarang Diketahui)

Spesialis Orthopedi dr M Sada Baskara SpOT dari Siloam Hospital Simatupang Jakarta mengatakan, penyakit osteoarthritis tersebut dapat dicegah. Seseorang harus menjalani gaya hidup yang teratur, terutama dari pola makan dan aktivitas fisik.

"Osteoarthritis banyak dialami wanita. Gejalanya yakni nyeri lutut, tetapi bisa dicegah," kata dr Sada lewat informasi yang diterima Okezone, Senin 28 Agustus 2017.

(Baca Juga: Mengerikan! Menderita Dermatillomania, Perempuan Ini Doyan Mengelupasi Kulitnya Sendiri)

dr Sada menjelaskan, banyak hal yang harus dilakukan seseorang untuk mencegah osteoarthritis. Berikut 7 caranya yang dirangkum Okezone lebih lanjut.

- Kurangi makan garam, karena terlalu banyak mengonsumsi garam membuat persendian berat. Gerakan badan jadi sakit, karena tubuh kekurangan cairan akibat banyak konsumsi garam.

(Baca Juga: Usia Semakin Tua, Jangan Sering-Sering Begadang, Kurang Tidur Meningkatkan Risiko Demensia)

- Saat berjalan atau beraktivitas, pakai sepatu yang nyaman. Gunakan sepatu lari atau sepatu yang solnya tebal. Sepatu jenis ini dapat mengurangi impact nyeri sendi yang menyiksa.

- Jaga berat badan dengan mengatur pola makan yang benar. Disebutkan para ahli, orang yang gemuk lebih rentan menderita osteoarthritis. Postur tubuhnya sulit menyanggah bagian punggung akibat kelebihan lemak.

(Baca Juga: Mengerikan! Main Handphone Sembari BAB Berbahaya, Bisa Tularkan Penyakit Infeksi)

- Kurangi makanan yang merangsang inflamasi, terutama di bagian punggung. Jangan terlalu berlebihan makan kacang-kacangan, jeroan, dan makanan dengan bumbu MSG.

- Hindari minuman berkafein karena dapat menghambat elektrolit yang dibutuhkan tubuh. Seseorang yang terlalu banyak minum kopi dan teh juga sulit menyerap kalsium secara alami. Akibatnya, tulang, sendi dan otot rentan mengalami kelemahan.

- Pilih olahraga yang tepat jika ingin terbebas dari masalah os, TXteoarthritis. Hindari olahraga yang menciptakan tekanan, seperti lari. Lebih baik Anda jalan kaki, bersepada atau berenang untuk mendukung kekuatan otot panggul.

- Jika otot dan sendi terasa nyeri, jangan langsung pergi ke dukun pijat. Anda bisa menangani sendiri di rumah. Kompres dengan es di bagian yamg sakit. Agar jalan tetap nyaman, pakai tongkat untuk menyangga tubuh.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini