nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh, Makan Kembang Kol, Brokoli hingga Minum Kopi Bikin Aroma Pipis Tidak Sedap

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 29 Agustus 2017 10:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 29 481 1765110 waduh-makan-kembang-kol-brokoli-hingga-minum-kopi-bikin-aroma-pipis-tidak-sedap-bsB5afWBdn.jpg Ilustrasi (Foto: Healtholino)

BANYAK hal yang bisa dijadikan indikasi untuk menebak kondisi kesehatan seseorang. Salah satunya adalah dengan memerhatikan kondisi urine. Seseorang yang sedang dalam kondisi sehat biasanya urine tidak berwarna atau berwarna kuning pucat dan tidak berbau. Apabila urine berwarna kuning pekat dan beraroma tajam, bisa saja ada yang salah dengan kesehatannya.

(Baca Juga: Waspada! Ini Tanda-Tanda Kanker yang Jarang Diketahui)

Urine memang umumnya tidak berbau. Biasanya urine akan mengeluarkan bau di pagi hari atau saat mengalami dehidurasi. Akan tetapi, bila urine Anda berbau jangan langsung panik. Sebab, dilansir dari Metro, Selasa (29/8/2017), ada makanan tertentu yang menyebabkan urine mengeluarkan bau tajam. Berikut daftar makanannya;

Makanan mengandung vitamin B-6

Bila Anda rutin mengonsumsi pisang, salmon, kalkun, dan ayam, kemungkinan urine Anda akan berbau. Sebab makanan-makanan itu mengandung banyak vitamin B-6 yang menyebabkan aroma urine sangat tajam.

(Baca Juga: Mengerikan! Menderita Dermatillomania, Perempuan Ini Doyan Mengelupasi Kulitnya Sendiri)

Sayuran perifer

Sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis Brussel mengandung methyl-mercaptan yang menghasilkan bau pahit setelah dikonsumsi. Hal itu menyebabkan urine menjadi berbau.

(Baca Juga: Usia Semakin Tua, Jangan Sering-Sering Begadang, Kurang Tidur Meningkatkan Risiko Demensia)

Asparagus

Banyak orang yang menganggap asparagus menyebabkan bau busuk pada urine. Sebenarnya yang dikeluarkan adalah metabolit, zat yang diproduksi selama metabolisme. Tapi tenang, bau urine yang disebabkan oleh asparagus hanya bisa dicium oleh beberapa orang. Kebanyakan orang tidak menyadari bau tersebut.

Puffed gandum

Makanan yang biasanya dikonsumsi bersamaan dengan sereal sarapan ini memang bisa menimbulkan bau pada urine. Gandum membuat urine mengeluarkan bau malt, bau yang mirip ketika sereal disajikan di pagi hari.

(Baca Juga: Mengerikan! Main Handphone Sembari BAB Berbahaya, Bisa Tularkan Penyakit Infeksi)

Kari

Makanan ini mengandung jinten dan ketumbar yang bisa mempertahankan bahan kimia ketika diproses oleh ginjal. Bahan kimia yang tercampur dengan urine bisa mengeluarkan bau.

Alkohol dan kopi

Kedua minuman ini memiliki zat yang bersifat diuretik sehingga menimbulkan bau pada urine. Apabila Anda rutin mengonsumsi alkohol dan kopi, Anda pasti akan sering buang air kecil atau mengalami dehidrasi. Anda harus lebih waspada dengan bau yang disebabkan oleh kedua minuman ini.

Sebab, bau pada urine yang disebabkan oleh minuman ini terkadang bukan sesuatu yang wajar seperti dehidrasi. Jika tidak segera diatasi, bisa membahayakan kondisi tubuh

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini