Idap Kelainan Langka, Tubuh dan Wajah Bocah 5 Tahun Membengkak seperti Balon

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 29 Agustus 2017 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 29 481 1765116 idap-kelainan-langka-tubuh-dan-wajah-bocah-5-tahun-membengkak-seperti-balon-K2dWBi8T8o.jpg McKenzie Watson idap kelainan langka (Foto: Dailymail)

JIKA ada bocah bertubuh gembul, tentunya menarik untuk dilihat lama-lama. Bahkan, rasanya ingin mencubit pipinya. Tapi, apa jadinya kalau tubuhnya yang besar atau bengkak itu bukan karena berat badan, tetapi karena kelainan?

(Baca Juga: Waspada! Ini Tanda-Tanda Kanker yang Jarang Diketahui)

Seperti yang terjadi pada McKenzie Watson. Bocah 5 tahun itu mengalami gangguan ginjal yang akhirnya membuat tubuhnya dipenuhi dengan air. Sampai-sampai, karena kondisi demikian, tubuh dan wajahnya bengkak seperti balon.

Dilansir dari Daily Mail, Selasa (29/8/2017), kelainan yang diderita Watson ternyata berisiko besar terhadap komplikasi kesehatan tubuhnya. Sebut saja masalah infeksi bagian dalam seperti anemia dan gangguan thrombosis. Karena berisiko cukup besar, akhirnya Watson diharuskan untuk menjalani kemoterapi. Bahkan, bocah itu juga sudah dianjurkan untuk melakukan operasi transplantasi.

(Baca Juga: Mengerikan! Menderita Dermatillomania, Perempuan Ini Doyan Mengelupasi Kulitnya Sendiri)

Sang ibu, Antonia Watson coba menceritakan secara detail bagaimana akhirnya tubuh dan wajah Watson seperti balon. Jadi, tanda-tanda perubahan bentuk tubuh itu terlihat sejak Januari tahun ini. Setelah adanya perubahan secara drastis di tubuhnya, akhirnya orangtua Watson membawa bocah itu ke rumah sakit.

’’Saya langsung membawa Watson ke rumah sakit anak setelah kondisi wajahnya sudah sangat parah. Matanya sudah tidak bisa melihat secara jelas karena air di tubuhnya sudah sangat berlebihan. Awalnya, diagnosis pertama saya hanya sekadar masalah ginjal biasa, bukan kelainan langka,’’ terang Antonia.

(Baca Juga: Usia Semakin Tua, Jangan Sering-Sering Begadang, Kurang Tidur Meningkatkan Risiko Demensia)

Karena kondisi tersebut masih dirasakan Watson, akhirnya orangtuanya rutin membawa Watson ke dokter. Salah satu tindakan yang paling sering dilakukan adalah transfusi protein.

Perlu Anda ketahui, sindrom nefrotik dapat memengaruhi orang-orang dari segala usia. Namun, biasanya sudah bisa didiagnosa pertama kali pada anak-anak berusia antara 2 sampai 5 tahun. Sekira 1 dari setiap 50.000 anak didiagnosis kelainan ini setiap tahunnya.

Suasana hati pasien mudah berubah

Masalah kesehatan ini telah membuat beberapa pasiennya kehilangan kebahagiaan secara utuh. Jadi, pada beberapa kasus, saat pasien mengalami kondisi pembengkakan, dia merasa sedikit grogi dan jelas merasa kehilangan kepercayaan dirinya. Selain itu, reaksi lain saat pembengkakan itu terjadi adalah sakit perut yang sangat serius.

(Baca Juga: Mengerikan! Main Handphone Sembari BAB Berbahaya, Bisa Tularkan Penyakit Infeksi)

Pada kasus Watson, Antonia menjelaskan, dirinya harus menjaga dengan baik asupa mineral tubuh bocah tersebut. Antonia menuturkan, dalam sehari, Watson dijatah 800 ml mineral saja. Asupan garam juga sangat dikurangi dalam setiap menu makanan Watson. Untuk mengatasi rasa nyerinya, Watson harus mengonsumsi steroid secara rutin.

Bahkan, dijelaskan Antonia, Watson menjadi sangat ketergantungan dengan steroid. Dampak dari hal tersebut adalah perubahan mood yang mudah sekali terjadi. kondisi tersebut tentunya berbahaya bagi Watson kecil. ’’Pada beberapa momen, Watson bisa sangat marah. Dia bahkan bisa sampai meninju sofa atau memukul-mukul lantai,’’ terang Antonia.

Sementara itu, fakta mengungkapkan bahwa kondisi ini cukup berisiko pada anak laki-laki. Bahkan, masalah ini cenderung lebih umum terjadi pada keluarga dengan riwayat alergi atau berasal dari gen Asia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini