nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantap! Ternyata, Konsumsi Kimchi Bisa Turunkan Risiko Penyakit Kulit

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 29 Agustus 2017 10:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 29 481 1765163 mantap-ternyata-konsumsi-kimchi-bisa-turunkan-risiko-penyakit-kulit-t8HTogVusp.jpg Kimchi turunkan risiko penyakit kulit (Foto: Korean Herald)

PENGGEMAR pangan asal Korea tentu familiar dengan rasa kimchi yang khas. Makanan tersebut ternyata tidak hanya dijadikan sebagai pelengkap makan, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan, lho.

(Baca Juga: Waspada! Ini Tanda-Tanda Kanker yang Jarang Diketahui)

Seperti yang dijelaskan dalam penelitian baru-baru ini. Bahkan, secara spesifik, ternyata kimchi mampu menurunkan penyakit dermatitis atopik atau gangguan pada kulit yang biasanya diawali dengan ruam.

(Baca Juga: Mengerikan! Menderita Dermatillomania, Perempuan Ini Doyan Mengelupasi Kulitnya Sendiri)

Perlu Anda ketahui sedikit, kimchi adalah hidangan tradisional yang terbuat dari mentimun asin, lobak, atau kubis yang kemudian difermentasi. Makanan ini dapat ditemukan di hampir semua restoran yang menyajikan makanan Korea.

(Baca Juga: Usia Semakin Tua, Jangan Sering-Sering Begadang, Kurang Tidur Meningkatkan Risiko Demensia)

Periset di Universitas Kyung Hee di Seoul menemukan fakta ini. Berdasar survei kesehatan gizi nasional 2010-2012 yang dilakukan pada 7.221 orang dewasa di seluruh negeri, dijelaskan bahwa mereka yang mengonsumsi kimchi sebanyak 85-158 gram atau dengan takaran dua sampai tiga porsi sehari mampu menurunkan risiko faktor penyebab dermatitis atopik sebesar 32 persen. Angka tersebut lebih sedikit dibandingkan mereka yang mengkonsumsi lebih sedikit.

(Baca Juga: Mengerikan! Main Handphone Sembari BAB Berbahaya, Bisa Tularkan Penyakit Infeksi)

Lebih lanjut, hasil dari penelitian itu juga melihat dari bagaimana kebiasaan minum, kebiasaan merokok, dan faktor eksternal lainnya dari orang-orang yang disurvei. Karena, hal-hal tersebut merupakan faktor-faktor risiko yang dapat menyebabkan Anda terkena penyakit kulit seperti dermatitis atopik. Jadi, tidak hanya dari pengujian konsumsi kimchi harian saja. Sebab, masalah kulit tidak bisa hanya dilihat dari satu sumber.

Ketua Tim Peneliti Profesor Park Yoo-kyoung mengatakan temuan terbaru ini menunjukkan konsumsi kimchi setiap hari dapat menurunkan risiko dermatitis atopik. "Namun, Anda juga tetap harus mempertimbangkan jumlah asupannya setiap hari, ya. Sebab, terlalu banyak makan kimchi ternyata juga tidak baik untuk kesehatan," kata Park.

Sedikit informasi, temuan ini dipublikasikan di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition. Demikian sebagaimana yang dilansir dari laman Korea Herald, Selasa (29/8/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini