nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Coba Lari Marathon? Biar Tidak Cepat Haus, Bawa Botol Air untuk Minum Setiap 20 Menit

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 30 Agustus 2017 05:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 29 481 1765738 ingin-coba-lari-marathon-biar-tidak-cepat-haus-bawa-botol-air-untuk-minum-setiap-20-menit-u1ZkPhQ6dY.jpeg Ilustrasi (Foto: Running Magazine)

GAYA hidup sehat kini mulai menjadi tren di kalangan masyarakat. Selain berlatih di gym atau workout di rumah, kegiatan olahraga lain yang sering dilakukan adalah lari marathon. Kompetisi marathon kini semakin sering diselenggarakan dan peminatnya makin lama makin banyak.

Bila Anda tertarik untuk mengikuti lari marathon pertama kali, ada beberapa hal yang diperhatikan salah satunya latihan. Dilansir dari Cosmopolitan, Rabu (30/8/2017), inilah yang harus Anda lakukan agar sukses menyelesaikan lari marathon pertama kali;

1. Merencanakan latihan

Latihan diperlukan untuk menghindari risiko terjadinya patah tulang atau cedera. Anda harus merencanakan latihan paling tidak 18 minggu sebelum penyelenggaraan marathon. Anda bisa berlari paling tidak tiga kali seminggu selama 30 menit. Catat setiap waktu yang Anda gunakan untuk menempuh jarak tertentu. Waktu tersebut bisa menjadi tolak ukur.

(Baca Juga: Waspada! Ini Tanda-Tanda Kanker yang Jarang Diketahui)

2. Gunakan foam roller

Agar mengurangi risiko cedera saat berlatih, Anda dianjurkan untuk berlatih di hari yang tidak berurutan. Di hari istirahat, Anda bisa menggunakan foam roller di kaki untuk mengurangi kekakuan dan rasa nyeri di kaki. Foam roller diyakini ampuh menghilangkan rasa nyeri di bokong, paha bagian depan dan belakang, serta betis. Selain menggunakan foam roller, Anda bisa juga melakukan gerakan peregangan untuk meringankan rasa sakit usai berlatih.

(Baca Juga: Mengerikan! Menderita Dermatillomania, Perempuan Ini Doyan Mengelupasi Kulitnya Sendiri)

3. Konsumsi karbohidrat

Saat berlari marathon, tubuh dengan mudah membakar energi. Untuk itu, Anda perlu asupan karbohidrat yang cukup agar tubuh tidak kehabisan energi saat berlari. Sehari sebelum berlari marathon Anda bisa mengurangi jumlah serat, protein, dan lemak lalu menggantinya dengan menambah asupan karbohidrat.

Anda bisa mengonsumsi nasi putih, pancake, pasta, roti, dan oatmeal. Satu hal yang perlu Anda ingat, satu jam sebelum memulai kompetisi lari marathon berhenti memakan apapun agar tidak ada gangguan saat Anda berlari.

4. Tetap terhidrasi

Agar tubuh tidak kekurangan air saat sedang berlari, Anda disarankan membawa botol minum. Anda bisa minum setiap 20 menit sekali.

(Baca Juga: Usia Semakin Tua, Jangan Sering-Sering Begadang, Kurang Tidur Meningkatkan Risiko Demensia)

5. Membawa makanan energi

Jika Anda berlari lebih dari 90 menit, kantongilah beberapa permen. Permen itu mengandung gula yang bisa menjaga energi ketika berlari.

(Baca Juga: Mengerikan! Main Handphone Sembari BAB Berbahaya, Bisa Tularkan Penyakit Infeksi)

6. Manjakan diri

Setelah kompetisi lari marathon selesai, berikanlah penghargaan untuk diri sendiri. Anda bisa mengonsumsi makanan kesukaan Anda terutama yang mengandung protein.

(hel)

Berita Terkait

Lari Marathon

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini