nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Mengapa Teh Sangat Populer di Inggris

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 30 Agustus 2017 13:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 30 298 1766049 ini-mengapa-teh-sangat-populer-di-inggris-JcMJT5BPoG.jpg Teh chamomile (Foto:Shutterstock)

TERLEPAS dari cara mereka meracik teh dengan campuran sedikit susu, gula, atau jeruk nipis, sudah menjadi rahasia umum bahwa orang Inggris sangat menyukai minuman tersebut. Mereka bahkan memiliki sebuah tradisi meminum teh di sore hari dengan beberapa potong kue kering yang dikenal dengan sebutan “afternoon tea”.

Tradisi atau kebiasan tersebut awalnya dipopulerkan oleh kalangan bangsawan yang masih ada hubungan tradisional dengan kerajaan Inggris. Namun tahukah Anda, sebetulnya ada alasan khusus mengapa teh menjadi minuman paling populer dan digemari oleh orang-orang Inggris? Hal ini sempat dipaparkan oleh seorang penulis asal Amerika Serikat yakni, Billie Cohen.

Pertama, Cohen memberi kredit kepada orang China yang telah mengenalkan teh ke dunia Barat. Berawal dari fakta tersebut, kemudian muncul sebuah penemuan bahwa sebenarnya orang Portugis yang membuat teh menjadi begitu populer di Inggris.

BACA JUGA:

URBAN FOOD: Dimsum Nikmat ala Rumahan, Coba Resep Siomay Ayam dan Hakau Udang

Robot Mungil Menggemaskan Jadi Pelayan Es Krim di Jepang, Netizen : Saya Akan Beli Banyak Es Krim

Menurut sejarah, pada 1662, seorang wanita bernama Catherine dari Braganza yang notabennya merupakan putri Raja Portugal John IV, menikahi Raja Charles II yang pada saat itu memerintah seluruh kerajaan Inggris, Skotlandia, dan Irlandia. Sebelum pesta pernikahan dilangsungkan, Catherine membawa mas kawin dan beberapa rempah-rempah keberuntungannya dari Tangier dan Bombay.

Bumbu rempah itu tersimpan rapi di dalam peti bersama barang-barang pribadinya. Beberapa orang mengatakan bahwa peti itu ditandai dengan tulisan Transpore de Ervas Aromaticas yang kemudian disingkat menjad T.E.A.

BACA JUGA:

Mi Instan & Keripik Ternyata Paling Dihindari Pramugari Selama Penerbangan, Ini Dia Alasannya!

Tetap Enerjik saat Manggung Ternyata 6 Musisi Dunia Ini Vegetarian, Termasuk Sia

Cohen mengakui bahwa sebagian dari cerita tersebut masih perlu dipertanyakan kebenarannya. Namun satu yang pasti, teh memang sudah menjadi minuman populer di Portugal khusunya di kalangan bangsawan, karena negara memiliki rute perdagangan langsung dengan China. Tidak terkecuali bagi Catherine. Putri cantik ini selalu menyesap teh secara teratur untuk menambah moodnya. Sedangkan bagi orang Portugal teh menjadi minuman untuk ‘kesenangan’.

Di rumah barunya (Inggris), teh hanya dikonsumsi sebagai obat. Namun, sang ratu berhasil menciptakan sebuah tren baru yang hingga saat ini masih digandrungi oleh para wanita modis yakni, afternoon tea atau high tea. Dalam waktu singkat, tren tersebut mulai dikaitkan dengan elit-elit negara, dan akhirnya menyebar ke seluruh kerajaan. Bagi masyarakat kelas bawah, mereka mengubah teh menjadi sebuah minuman egalitarian (kesetaraan). Demikian dilansir dari The Daily Meal, Rabu (30/8/2017).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini