nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SIMAK! Wajan Antilengket dan 3 Alat Masak Berikut Ini Tak Selamanya Aman Digunakan!

Dinno Baskoro, Jurnalis · Kamis 31 Agustus 2017 04:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 30 298 1766397 simak-wajan-antilengket-dan-3-alat-masak-berikut-ini-tak-selamanya-aman-digunakan-4W9ajnomqq.jpg Wajan antilengket (Foto: Webstaurant)

SEBELUM membeli peralatan masak. Tak ada salahnya untuk melihat label sampai batas aman penggunaan. Sebab, informasi semacam ini memang penting untuk diperhatikan demi keamanan dalam penggunaannya. 

Ketahuilah, setidaknya beberapa alat masak yang kita kenal berikut ini menyimpan risiko serta berbahaya jika salah menggunakannya. Kenali alat masak berikut karena jika tidak diperlakukan dengan benar, maka dapat membahayakan kesehatan. Simak ulasan berikut ini seperti dikutip Thedailymeal.

BACA JUGA:

Malas ke Restoran? Kini Ada Robot Pengantar Sushi yang Siap Manjakan Perut Lapar!

Wajan antilengket

Wajan antilengket sebagian besar terdiri dari PTFE polimer sintentik. Lapisan ini dapat melepas gas berbahaya jika terpapar panas terlalu tinggi. Mengonsumsi kandungan ini terlalu banyak dapat menggangu sistem imun. Karena itu lebih baik gunakan wajan antilengket tidak lebih dari lima menit.

Talenan plastik


Talenan plastik telah menuai perdebatan panjang. Mana yang lebih aman apakah talenan plastik yang mengandung bahan kimia atau talenan kayu yang menyimpan banyak bakteri dan kuman?

Seperti diketahui talenan berbahan plastik mudah dibersihkan, namun lebih rentan tergores pisau dan dapat menimbun bakteri layaknya talenan kayu.

Untuk mengatasi hal tersebut, talenan plastik harus rajin dibersihkan dengan cairan klorin dan air. Kemudian jika terlalu banyak goresan lebih baik beli yang baru.

Plastik mengandung BPA

BPA (Bisphenol A) adalah zat kimia industri yang digunakan dalam pembuatan plastik dan juga sebagai bahan dasar pembuatan botol air minum plastik dan berbahaya. Agar lebih aman, cari produk plastik dengan label BPA-free.

BACA JUGA:

Stainless steel banyak goresan

Dalam kondisi mulus, stainless steel terbilang alat masak paling aman. Namun ketika tidak dirawat dengan benar dan banyak ditemukan goresan, stainless steel khawatir kandungan zat besi, keomium dan nikel dapat mencemari makanan Anda.

Meski logam ini tidak berbahaya ketika masuk ke dalam tubuh dalam jumlah kecil. Namun jika dibiarkan, tentu dapat mengganggu kesehatan.

(dno)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini