Tubuh Sering Banjir Keringat? Waspada, Ini Masalah yang Sebenarnya Terjadi pada Tubuh Anda

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 30 Agustus 2017 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 30 481 1766147 tubuh-sering-banjir-keringat-waspada-ini-masalah-yang-sebenarnya-terjadi-pada-tubuh-anda-tDpG0PuNt0.jpg Ilustrasi (Foto: Huidarts)

PUNYA masalah dengan keringat berlebih? Melakukan aktivitas ringan saja keringat yang keluar di tubuh Anda seperti berlari di siang hari? Awas! Masalah ini yang sebetulnya terjadi di tubuh Anda.

(Baca Juga: Tak Perlu Mouthwash, Kumur-Kumur Rebusan Air Kayu Manis Usir Bau Mulut Secara Alami)

Pada beberapa orang, sekresi keringat berlebih terjadi karena faktor yang tidak biasa. Sebut saja karena berdiri terlalu lama, jalan kaki padahal jaraknya dekat, atau hanya karena stres. Jika kondisi tersebut sudah terjadi, maka Anda perlu waspada akan masalah hyperhidrosis.

(Baca Juga: Menggemaskan! Begini Kalau Kucing Sedang Yoga, Rasanya Ingin Mengelus-elus)

Hyperhidrosis sendiri adalah kondisi umum di mana seseorang berkeringat berlebihan. Berkeringat di sini terjadi di seluruh tubuh Anda atau mungkin hanya mempengaruhi area tertentu. Area yang biasanya mengeluarkan keringat adalah ketiak, telapak tangan, telapak kaki, wajah dan dada, atau selangkangan.

(Baca Juga: Kabar Gembira! Foto Selfie Bisa Deteksi Gejala Kanker Pankreas, Penyakit Lain Juga Terlacak)

Jika bicara mengenai keringat, sebetulnya kondisi demikian adalah baik untuk kesehatan tubuh. Berkeringat menandakan tubuh Anda menetralkan suhu tubuh bagian dalam. Dengan berkeringat, pembakaran kalori tubuh pun bisa lebih cepat. Tapi, kalau berkeringatnya tidak normal, bisa-bisa Anda depresi, lho!

(Baca Juga: Pelajaran untuk Orangtua! Ditinggal di Mobil, Balita Meninggal karena Leher Terjepit Jendela)

Lalu, apa tandanya jika tubuh sudah berkeringat berlebih? Dilansir dari Patient Talk, ternyata tidak ada pedoman khusus untuk menentukan keringat Anda "normal" atau tidak. Tapi, jika Anda merasa keringat yang keluar terlalu banyak dan keringat Anda telah mulai mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, Anda boleh waspada terkena hiperhidrosis.

Kemudian, apakah penderita gangguan ini punya ciri lain selain keringatnya berlebih? Ternyata ada! Berikut beberapa tanda jika Anda mengidap masalah ini:

1. Anda menghindari kontak fisik, seperti berjabat tangan. Hal itu terjadi karena Anda merasa tidak nyaman dengan keringat yang sudah banjir di telapak tangan.

2. Anda tidak ikut serta dalam kegiatan aktif, seperti menari atau berolahraga, karena takut akan membuat keringat Anda memburuk

3. Berkeringat berlebihan sudah mengganggu pekerjaan Anda, misalnya Anda mengalami kesulitan memegang alat atau menggunakan keyboard komputer

4. Anda mengalami masalah dengan aktivitas normal sehari-hari, seperti mengemudi

5. Anda menghabiskan banyak waktu untuk keringat di tubuh, seperti sering mandi dan mengganti pakaian Anda

6. Anda merasa jauh dari lingkungan sosial dan akhirnya kepercayaan diri pun hilang.

Sementara itu, kenapa sih masalah ini bisa muncul? Apa saja penyebabnya? Diterangkan di laman tersebut, dalam banyak kasus, hiperhidrosis tidak memiliki penyebab yang jelas dan dianggap sebagai akibat dari masalah pada bagian sistem saraf yang mengendalikan keringat. Ini dikenal sebagai hyperhidrosis primer.

Hyperhidrosis yang memiliki penyebab dan dapat dikenali sebagai hiperhidrosis sekunder. Ini bisa dipicu banyak faktor, termasuk kehamilan atau menopause, kegelisahan, konsumsi obat tertentu, gula darah rendah (hipoglikemia), adanya masalah pada kelenjar tiroid yang biasanya terlalu aktif (hipertiroidisme), dan Infeksi.

Jadi, mengenali diri sendiri itu penting. Ketika Anda sudah merasa keringat di tubuh berlebih, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter pribadi agar dapat penanganan yang benar.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini