Ibu Hamil Sebaiknya Hindari Makan Sushi, Ini Alasannya!

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Rabu 30 Agustus 2017 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 30 481 1766256 ibu-hamil-sebaiknya-hindari-makan-sushi-ini-alasannya-xaFMqJKvmX.jpg Ilustrasi.

BAGI pecinta kuliner Jepang, sushi bukanlah makanan yang asing lagi. Makanan yang terbuat dari ikan mentah dan berbagai sayuran yang dibalut dengan nasi ini diklaim memiliki rasa yang lezat. Namun dibalik kelezatan tersebut, makanan ini dinilai bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Dilansir dari Daily Mail, sebuah studi menunjukkan bahwa, polusi yang bersembunyi dalam makanan laut bisa menyebabkan masalah kesehatan. Kotoran laut bisa mencemari rantai makanan sehingga bisa menghambat tubuh mengeluarkan racun.

Amro Hamdoun dan Sascha Nicklisch dari University of California, San Diego, telah mempelajari 37 jenis polutan organik beserta penyebabnya pada tubuh dan sel. Hasilnya ditemukan, hampir setengah dari zat tersebut menghentikan beberapa fungsi protein dan membran sel dalam tubuh yang seharusnya bekerja efektif.

Zat tersebut adalah pestisida DDT bisa menyebabkan penyakit alzheimer pada lanjut usia (lansia). Selain itu, kedua peneliti tersebut juga menemukan sembilan dari 10 polutan pada ikan tuna bisa merusak kemampuan tubuh dan menghambat sistem pertahanan tubuh.

Terkait studi ini, para ahli pun menghimbau para ibu untuk berhati-hati mengonsumsi ikan yang tercemar polutan lantaran bisa memengaruhi kesehatan si kecil melalui pemberian ASI.

"Kami tidak tahu apa efek dari ini pada tubuh manusia, terutama ketika dikonsumsi secara bersama-sama dengan obat lain," papar kedua peneliti. (qlh)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini