Punya Kondisi Rahim Retro, Fitri Carlina Harus Ubah Gaya Bercinta untuk Bisa Hamil

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 30 Agustus 2017 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 30 481 1766419 punya-kondisi-rahim-retro-fitri-carlina-harus-ubah-gaya-bercinta-untuk-bisa-hamil-ddzlALMtNS.jpg Fitri Carlina dengan suami (Foto: @fitricarlina/Instagram)

TAHUKAH Anda, rahim antar perempuan tidak selalu sama posisinya? Begitu juga yang dialami Selebriti Fitri Carlina. Penyanyi dangdut itu diketahui posisi rahimnya tidak seperti kebanyakan perempuan lain. Posisi rahim Fitri kondisinya miring atau dalam istilah medis dinamakan retroverted uterus.

(Baca Juga: Tak Perlu Mouthwash, Kumur-Kumur Rebusan Air Kayu Manis Usir Bau Mulut Secara Alami)

Kondisi demikian diketahui Fitri setelah menjalani pemeriksaan lebih lanjut mengenai kesulitan hamil yang dirasakannya. Tapi, posisi rahim yang tidak biasa itu bukan menutup kemungkinan dirinya untuk hamil, hanya sedikit butuh usaha lebih agar pembuahan terjadi. Makanya, dokter kandungan menyarankan untuk mengganti posisi bercinta.

Tapi, sebetulnya apakah yang terjadi dengan rahim yang miring itu?

Dilansir dari Feminist Midwife, Rabu (30/8/2017), kondisi demikian bisa terdeteksi ketika perempuan mengeluh ketidaksuburan dirinya atau karena sakit saat berhubungan intim. Masalah lain yang biasanya perempuan dengan rahim retroverted uterus rasakan ialah rasa sakit berlebih saat menstruasi dan pemasangan alat kontrasepsi dalam rahim yang sulit dilakukan.

(Baca Juga: Menggemaskan! Begini Kalau Kucing Sedang Yoga, Rasanya Ingin Mengelus-elus)

Kemudian, gejala lain yang mungkin bakal dirasakan perempuan dengan kondisi ini ialah rasa nyeri panggul yang berlebih, menstruasi tidak teratur, nyeri punggung yang parah pada awal kehamilan, infeksi urin berulang atau retensi urin, keguguran, perasaan kongesti pelvis, varises di kaki, konstipasi kronis atau nyeri saat buang air besar, dan infertilitas.

Apakah perempuan dengan retroverted uterus perlu diobati?

Sebetulnya, posisi rahim demikian bisa dikembalikan kenormalnya. Dengan kata lain, masalah ini bisa diobati salah satunya memperbaiki endometriosis atau fibroid. Tindakan lain yang bisa dilakukan adalah memperbaiki tonus otot atau mendorong penurunan berat badan. Upaya itu diharapkan bisa sedikitnya mengembalikan rahim ke posisi yang normal. Namun, gagasan ini bergantung pada keyakinan setiap orang.

(Baca Juga: Kabar Gembira! Foto Selfie Bisa Deteksi Gejala Kanker Pankreas, Penyakit Lain Juga Terlacak)

Nah, seperti yang disarankan dokter kandungan Fitri Carlina, salah satu upaya agar tetap bisa hamil adalah mengubah posisi seks. Begitu juga yang dijelaskan Feminist Midwife. Dijelaskan di lama itu, posisi seks sujud dengan mengangkat tinggi-tinggi panggul menjadi solusi yang bisa dicoba. Posisi bercinta seperti itu dipercaya memperlancar jalur sperma mencapai indung telur.

Kemudian, posisi lainnya adalah dengan missionary. Namun, ada yang perlu diperhatikan sebelum melakukan seks dengan gaya ini. Kaki perempuan harus dalam keadaan terangkat ke dada pasangannya. Mengangkat sedikit panggul bisa dijadikan alternatif lain agar memuluskan jalan sperma ke “kandangnya”.

(Baca Juga: Pelajaran untuk Orangtua! Ditinggal di Mobil, Balita Meninggal karena Leher Terjepit Jendela)

Selain mengubah posisi seks, ada kebiasaan yang harus dilakukan perempuan dengan rahim retroverted uterus. Adalah senam kegel. Senam jenis ini mampu menguatkan panggul. Senam kegel juga dipercaya bisa mendukung keseluruhan otot pelvis dan pelurusan ligamentum pelvis yang tepat.

Kemudian, cara lainnya adalah dengan pijat perut. Dr. Rosita Arvigo adalah seorang praktisi pijat perut yang terkenal untuk memperbaiki ketidaksejajaran organ panggul. Menurut dia, yang terpenting adalah penanganan malposisi uterus. Pijat eksternal ini dilakukan cukup lembut dengan mengangkat dan membimbing rahim ke posisi optimal di panggul bagian bawah.

Jadi, dengan usaha maksimal, perempuan dengan posisi rahim miring tetap bisa hamil. Jangan patah semangat dan terus berusaha, ya!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini