Share

IDUL ADHA 2017: Mengolah Daging Kurban ala Menu Western, Spaghetti Lamb Meatball

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 31 Agustus 2017 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 31 298 1767081 idul-adha-2017-mengolah-daging-kurban-ala-menu-western-spaghetti-lamb-meatball-s8TO3rO0IC.jpg Spaghetti lamb meatball (Foto:Ilustrasi/Tieton)

MENDEKATI Idul Adha, biasanya persediaan daging melimpah. Masih belum punya ide untuk mengolahnya? Resep menu ala Barat dari Chef Juna berikut ini mungkin bisa Anda coba.

Sudah menjadi kebiasaan setiap tahun saat Idul Adha, stok daging yang melimpah dibuat dengan berbagai macam masakan Nusantara. Bila sudah terlalu sering dan ingin sesuatu yang beda atau hanya sebagai variasi menu, mengolah daging kambing maupun sapi dengan sajian Barat tak ada salahnya. Memang daging yang didapatkan bisa beragam, tak melulu bagian tulang, kepala, atau bagian sarat dengan serat dan otot hewan berkaki empat. Sementara mengolah jenis daging pun akan lebih enak hasilnya bila disesuaikan dengan bagiannya.

Misalnya dekat tulang iga akan lebih enak dijadikan sup. Begitu pun untuk bagian kepala yang memiliki banyak tulang lunak dari kuping dan hidung. Khusus untuk menu ala Barat ini, Chef Juna memberi ide untuk dibuat menjadi menu spageti lamb meatball . Tentu bagian dagingnya pilihan jika Anda memiliki banyak bagian daging berserat dan berotot. Memasaknya harus direbus lama terlebih dahulu agar tidak alot.

BACA JUGA:

Sajian Kopi Unik, Seruput Kopi Takar Mandailing di Batok Kelapa, Rasanya Ajib!

URBAN FOOD: Oseng-Oseng Gurih yang Menggugah Selera, Ada Oseng Jamur hingga Kerang

โ€œNah, kalau kambing sudah cukup kenceng rasa dan aromanya, jadi coba pilih padanan kombinasi bumbu yang agak soft dalam pemilihan keju, misalnya gunakan keju ricotta ,โ€ sebut Chef Juna saat ditemui dalam peluncuran menu baru Berrykitchen di Jakarta, belum lama ini.

Namun, bisa juga kambing sebagai bahan utama meatball juga dipadu keju yang rasanya cukup kuat sehingga memang seleranya dibuat sama-sama kuat. Ini kembali lagi pada selera makan setiap orang. Tentu bagi orang yang tidak bisa makan kambing, pilihan daging sapi sebagai bahan utama meatball lebih disarankan. Kejunya bisa menggunakan keju jenis mozarella maupun hanya memakai parutan keju cheedar, karena sudah memberi saus tomat sebagai bumbu utama spageti.

Memberi variasi rasa yang lain, saus tomat untuk bumbu spageti juga bisa diganti menjadi saus pesto dengan tambahan basil agar ada harum pada masakan, berikut minyak zaitun. Sementara, masih dengan ide membuat bola-bola daging. Resep juga divariasikan lewat rempah-rempah ala Italia atau Barat yang biasa digunakan. Misalnya menjadi menu feta and olive meatballs , sajian menggunakan jenis keju feta dan olive yang dominan sebagai bumbu utama. Tambahan bahan seperti rosemary maupun balsamic akan menambah kekayaan rasa di dalamnya.

BACA JUGA:

Minum Air Mineral Hingga Diet Seimbang, Pola Makan Sehat ala Taylor Swift

Gawat! Gara-Gara Climate Change, Beruang Grizzly Sekarang Jadi Vegetarian

Untuk menu ini, sebaiknya tambahkan juga daun parsley dan green olives , serta bawang bombai. Untuk bumbu yang dominan menggunakan tomat, bola-bola daging kambing maupun sapi bisa dipadankan bersama sayuran brokoli ataupun jamur. โ€œUntuk menumisnya, pilih butter dengan bumbu cincangan tomat, bawang putih, parsley, black pepper, lemon zest , boleh juga ditambahkan sedikit kayu manis. Jangan lupa komposisi di sajian. Kambing atau sapi bisa dipadu bahan mengandung fiber agar hasilnya balance,โ€ tutur chef yang menjadi juri di ajang MasterChef ini.

Tak hanya daging dan paduan keju berikut bumbu utama saus yang bisa diganti sesuai selera. Kreatif mengolah menu daging dalam sajian Barat juga bisa dikombinasikan lewat variasi penggunaan pasta yang juga beragam. Spageti pun bisa diganti dengan fusili, fetucine dan angle hair yang cenderung lebih tipis.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini