nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AWAS! Duduk Terlalu Lama saat Kerja, Orang Kantoran Rentan Sakit Punggung, Leher hingga Kram

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 31 Agustus 2017 15:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 31 481 1766861 awas-duduk-terlalu-lama-saat-kerja-orang-kantoran-rentan-sakit-punggung-leher-hingga-kram-ok8XgVH2E7.jpg Ilustrasi (Foto: Hubspot)

BAGI pekerja kantoran, Anda pasti akan mengalami kelelahan akibat terlalu lama duduk di kursi dan menghadap komputer. Kebiasaan ini dapat dicegah supaya tidak mengganggu aktivitas Anda lho.

Perlu diingat ya, saat duduk otot dan persendian menjadi kaku. Hal ini terjadi saat Anda tidak melakukan peregangan dan tidak bergerak bangkit dari kursi.

(Baca Juga: Pelajaran untuk Orangtua! Ditinggal di Mobil, Balita Meninggal karena Leher Terjepit Jendela)

Tak cuma itu, ada dampak kesehatan lainnya yang bakal Anda alami di masa mendatang. Yakni berisiko mengidap penyakit jantung dan mengalami kenaikan berat badan.

(Baca Juga: Kabar Gembira! Foto Selfie Bisa Deteksi Gejala Kanker Pankreas, Penyakit Lain Juga Terlacak)

Lebih lanjut, Anda harus tahu dampak bila terlalu lama duduk di balik meja yang sebenarnya dapat dihindari. Berikut ulasannya, dilansir Boldsky, Kamis (31/8/2017).

Kaki akan sakit

Kalau tidak melakukan peregangan saat duduk di kursi, kaki Anda bisa sakit. Karena aliran darah terhambat, sehingga terjadi penyumbatan. Anda dapat menghindarinya dengan cara meluruskan kaki saat duduk di kursi setiap dua jam.

(Baca Juga: Menggemaskan! Begini Kalau Kucing Sedang Yoga, Rasanya Ingin Mengelus-elus)

Sakit punggung

Banyak pekerja kantoran mengeluhkan sakit punggung saat terlalu lama duduk. Pastikan kursi yang Anda duduki lebarnya sesuai dengan panggul. Anda juga tidak dianjurkan untuk membungkuk karena menyebabkan nyeri punggung yang tak nyaman.

Tangan lelah

Saat Anda bekerja di depan komputer, tangan Anda mengalami ketegangan konstan. Ditambah lagi dengan posisi duduk salah bisa menyebabkan mati rasa. Apalagi kalau mengetik di atas keyboard tanpa jeda, membuat jari-jari Anda merasa kesemutan.

(Baca Juga: Tak Perlu Mouthwash, Kumur-Kumur Rebusan Air Kayu Manis Usir Bau Mulut Secara Alami)

Sakit leher

Untuk menghindari sakit pada leher dan kepala, Anda perlu memposisikan monitor dengan benar. Jika terlalu rendah, maka yang terjadi Anda menekuk leher yang memicu beban berat. Jangan sampai Anda mengalami sakit leher akibat kelamaan bekerja menghadap komputer karena dapat mengganggu aktivitas.

Mata lelah

Bekerja menghadap komputer Selama berjam-jam bisa menyebabkan sindrom gangguan penglihatan. Seperti penglihatan kabur, mata kering, kemerahan, sakit kepala dan ketegangan. Anda perlu memastikan posisi monitor dengan benar. Pakai kacamata khusus supaya mata terlindungi dengan baik.

Kelelahan

Gaya hidup sembarangan, terutama tidak menjaga pola makan mengakibatkan penumpukan kolesterol. Apalagi bagi pekerja kantoran, Anda mudah mengalami kelelahan yang menyakitkan, juga mengakibatkan pembengkakan kaki dan tangan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini