Meski Pahit, Makan Daun Pepaya Ampuh Meningkatkan Jumlah Trombosit Pasien DBD

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 31 Agustus 2017 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 31 481 1766875 meski-pahit-makan-daun-pepaya-ampuh-meningkatkan-jumlah-trombosit-pasien-dbd-5w4tl0AUng.jpg Daun pepaya (Foto: Timesofindia)

MUSIM pancaroba sudah mulai terasa. Panas yang menyengat kulit tetapi sesekali angin berhembus cukup sejuk menjadi pertanda awal pergantian musim itu sedang berlangsung.

Kondisi demikian tak jarang membuat imun tubuh lemah. Alhasil, virus penyakit mudah menyerang. Tak hanya itu, perkembangbiakan nyamuk pun semakin tinggi. Risiko demam berdarah pun terjadi.

(Baca Juga: Pelajaran untuk Orangtua! Ditinggal di Mobil, Balita Meninggal karena Leher Terjepit Jendela)

Yang perlu diperhatikan kalau sudah begitu adalah kebersihan lingkungan tempat tinggal. Jangan memberikan ruang untuk jentik nyamuk berkembangbiak. Selalu membersihkan rumah secara rutin. Yang terpenting, tetap jaga kesehatan tubuh.

(Baca Juga: Kabar Gembira! Foto Selfie Bisa Deteksi Gejala Kanker Pankreas, Penyakit Lain Juga Terlacak)

Pencegahan memang penting, tapi bagaimana kalau sudah terdiagnosa demam berdarah? Tindakan awal apa yang bisa dilakukan?

(Baca Juga: Menggemaskan! Begini Kalau Kucing Sedang Yoga, Rasanya Ingin Mengelus-elus)

Ternyata, selain mengonsumsi jus jambu biji, Anda juga bisa mengonsumsi daun pepaya. Sebab, daun itu dipercaya mampu meningkatkan jumlah trombosit Anda yang hilang untuk melawan demam berdarah dan penyakit lainnya.

Seperti dilansir dari laman Times of India, daun pepaya mengandung senyawa fenolik, papain, dan alkaloid. Nutrisi ini berperan sebagai antioksidan kuat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

(Baca Juga: Tak Perlu Mouthwash, Kumur-Kumur Rebusan Air Kayu Manis Usir Bau Mulut Secara Alami)

Selain itu, kombinasi papain dan senyawa lainnya membantu secara efektif mencerna protein penting yang dapat menyembuhkan gangguan pencernaan. Jadi, manfaat untuk kesehatannya cukup banyak.

Menurut penelitian, ekstrak daun pepaya mampu meningkatkan jumlah trombosit pada pasien yang menderita demam berdarah. Penelitian ini dilakukan pada 400 pasien, di mana sebagian mendapat pengobatan standar untuk demam berdarah dan sebagiannya lagi berada dalam kelompok kontrol, menerima dosis spesifik dari ekstrak daun pepaya dalam bentuk tablet.

Hasilnya, ditemukan bahwa pasien dalam kelompok kontrol memiliki jumlah trombosit yang meningkat selama terapi pepaya dan memiliki lebih sedikit efek samping. Mereka juga tidak memerlukan transfusi darah.

Tak sedikit pakar kesehatan yang merekomendasikan jus daun pepaya ini sebagai obat yang efektif mengobati demam berdarah. Selain mengobati, ekstrak daun pepaya pun diklaim bisa mengurangi gejala penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes yang ditularkan ke dalam darah, seperti demam tinggi, ruam kulit, dan penurunan jumlah trombosit.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini