nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IDUL ADHA 2017: Ingin Nyalakan Arang Tanpa Minyak Tanah? Taburkan Saja Keripik Jagung Dijamin Topcer!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 01 September 2017 13:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 01 298 1767557 idul-adha-2017-ingin-nyalakan-arang-tanpa-minyak-tanah-taburkan-saja-keripik-jagung-dijamin-topcer-eniJ23dAYZ.jpg Keripik Jagung (Foto: Ist)

HAYO, siapa yang sudah kebagian daging kurban? Bingung yah kamu dibuat apa kira-kira dagingnya? Dibakar sepertinya seru, lho! Apalagi dimakannya bersama teman-teman tersayang. Libur akhir pekannya jadi tambah seru deh!

Tapi, malas cari arang? Tenang, dilansir dari Tip Hero, ada beberapa cara mudah dan praktis buat Anda yang ingin mendapatkan arang dengan mudah. Anda bisa buat sendiri. Begini caranya:

 BACA JUGA:

Pakai corn chips

Kadang tuh, kalau misalkan Anda sedang membakar arang, api sulit sekali muncul. Sampai menggunakan bahan bakar tambahan pun tetap saja susah. Ternyata, ada cara sederhananya, yaitu dengan keripik jagung. Yang perlu Anda lakukan adalah tabur keripik jagung di atas arang yang sulit menyala. Kemudian bakar keripik jagungnya. Api yang dihasilkan keripik jagung memudahkan penyebaran kea rang di sekitarnya. Jadi, tak perlu lagi pakai bahan bakar.

Pakai four-pack caddy

Anda pernah memesan kopi namun tidak diminum di tempat? Maka pelayan akan menyediakan kartun untuk menempatkan cup kopi Anda. Nah, jangan buang karton tersebut! alat tersebut ternyata bisa menjadi medium penghantar api kea rang yang sulit menyala, lho. Caranya mudah. Cukup meletakkan karton tersebut di atas arang. Kemudian karton tersebut dilumuri dengan minyak zaitun. Setelah itu bakar! Dijamin api pun akan menyebar kea rang yang ada di bawahnya.

Pakai paper bag

Mungkin karton kopi sulit didapatkan. Tenang, ada cara lain yang fungsinya sama. Adalah paper bag. Tas berbahan kertas itu juga bisa Anda gunakan sebagai penghantar api kea rang. Jangan lupa, lumuri juga tas kertas Anda dengan minyak zaitun, ya.

Pakai Kertas Aluminium

Jika Anda menginginkan kentang bakar yang matang dengan baik, kertas aluminium bisa jadi solusinya. Arang yang sudah membara, dibiarkan terus menyala. Setelah itu, bungkus kentang atau daging yang Anda ingin makan dengan kertas aluminium. Kemudian, letakkan kertas aluminium berisi kentang atau daging di atas bara api. Tunggu sampai matang dan voila! Makanan siap dimakan.

Pakai Sumpit

 BACA JUGA:

Seperti nyate, sumpit bisa digunakan sebagai tusukan daging kurban yang akan Anda konsumsi. Caranya cukup mudah, ingat konsep hemat! Sumpit dibagi menjadi dua bagian. Kemudian bagian ujungnya di runcingkan dengan serutan atau pisau. Setelah itu tusukkan beberapa daging yang sebelumnya sudah dipotong kecil. Jangan lupa tambahkan paprika dan sayuran lainnya. Panggang di atas bara api.

Ketika Anda membakar daging dia atas pemanggang, biasanya besi-besi tersebut akan tertempel bekas daging yang telah dibakar sebelumnya. Atau Anda ingin membersihkan bagian besi tempat membakar daging. Biasanya, yang digunakan adalah bawang putih. So, lakukan lah itu! Tusuk bawang putih dengan garpu. Kemudian Anda hanya mengolesi besi-besi tersebut dengan bawang putih. Pemanggang pun siap dipakai.

Tapi, apa jadinya kalau di rumah sedang tidak ada bawang putih? Tenang! Kertas aluminium kembali difungsikan di sini. Ya, kertas tersebut dipercaya mampu membersihkan besi pemanggang dan dijamin daging yang akan di bakar, tidak terkotori dengan arang yang masing menempel di besi pemanggang.

Selain dengan arang, ternyata memanggang daging juga bisa dengan kertas aluminium yang didalamnya diberikan serabut kayu.

Caranya cukup mudah. Anda hanya menambahkan serabut kayu di atas kertas aluminium. Kemudian bungkus serabut tersebut. Kencangkan dengan melipat bagian kantung yang terbuka. Setelah kantung tersebut jadi, jangan lupa untuk melubangi bagian atasnya.

Setelah siap, letakkan kantung aluminium di atas wajan panas. Perhatikan sampai kantung mengeluarkan asap yang tandanya siap untuk dipergunakan. Kalau sudah begitu, letakkan besi pemanggang di atasnya. Lalu, letakkan irisan lemon di atas besinya. Ini berguna agar daging tidak menyentuh besi langsung yang mana bisa mengotori daging. Tak hanya itu, lemon juga berfungsi sebagai pemberi rasa dan penghilang aroma daging hewan yang kurang sedap.

Pesta daging pun siap dimulai!

1
6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini