nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buat Remaja, Jangan Sepelekan Cuci Muka Ya!

Sabtu 02 September 2017 12:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 02 194 1767970 buat-remaja-jangan-sepelekan-cuci-muka-ya-b3XcMclb8V.jpg Cuci Muka (Foto: Livestrong)

MEMASUKI usia remaja, banyak perubahan yang akan dialami oleh seseorang, mulai dari fisik, psikis, hingga perilaku yang kadang tidak mengindahkan kulit. Bahkan yang biasa terjadi merupakan perubahan hormonal yang ada di dalam tubuh, hingga bisa menyebabkan produksi kelenjar sebacea atau kelenjar minyak jadi meningkat.

Kendati demikian, penting sedari remaja memperhatikan keindahan kulit, dengan cara merawatnya sejak dini.

BACA JUGA:

"Proses tersebut merupakan hal yang wajar, namun ada baiknya para remaja harus peduli dan mulai menjaga wajahnya," kata dr. Maria Henny saat ditemui di Maria Aesthetic Center, Kawasan Jakarta Barat, belum lama ini.

Dampak yang biasa dialami oleh para remaja tersebut biasanya mengalami jerawat. Pengaruh pembersih wajah yang tidak cocok juga bisa menyebabkan jerawat. "Kalau memang teledor, bisa berdampak kerusakan pada kulit, terutama pada bagian wajah. Makanya, jangan sepelekan membersihkan wajah," ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Maria menjelaskan ada beberapa tips sederhana untuk para remaja yang mengalami perubahan hormonal tersebut, agar tidak mengalami jerawat. Beberapa tipsnya seperti, mencucilah wajah setelah menjalanin aktivitas, kemudian dibantu dengan mengkonsumsi buah-buahan yang bisa memberikan vitamin untuk kulit.

"Namun, untuk pembersih muka harus disesuaikan dengan kulit wajah. Karena jika tidak sesuai, justru akan berdampak tidak baik untuk kulit. Untuk mengenali kulit, ada baiknya segera menghubungi dokter spesialis," jelasnya.

BACA JUGA:

Pengalaman tersebut dialami langsung oleh pasangan Rizky Alatas dan Adzana Bing Slamet. Mereka pun langsung mencari tahu jenis kulit wajahnya kepada dr. Maria.

"Kata dokter Maria, masalah di wajah saya berminyak. Akibatnya, sering timbul komedo, jerawat dan kulit kasar. Solusi yang dikasih sama dokter, harus rajin cuci muka dan pakai serum khusus untuk muka berminyak," ujar Rizky.

"Kata dokter Maria, masalah di wajah aku itu, kulit kering dan bekas jerawat susah hilang. Buat cewek, masalah kayak gitu ganggu banget kan. Kata dokter sih, aku harus rajin cuci muka, facial dan pakai serum whitening," timpal putri dari aktor Adi Bing Slamet itu.

Sebagai publik figure, Adzana mengakui penampilan merupakan hal penting untuk menunjang kegiatannya. Hal sederhana yang biasa dilakukannya adalah cuci muka dengan sabun yang tepat.

"Kami enggak punya bujet khusus untuk perawatan. Biasanya paling cuci muka, sama beli pembersih muka dan make-up. Udah itu aja," tandas Adzana.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini