Share

OKEZONE WEEK-END: 3 Jenis Kue Manis yang Kerap Hadir dalam Perayaan Idul Adha di Aceh, Hmmm Apa Saja Ya?

Pradita Ananda, Okezone · Sabtu 02 September 2017 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 02 298 1768032 okezone-week-end-3-jenis-kue-manis-yang-kerap-hadir-dalam-perayaan-idul-adha-di-aceh-hmmm-apa-saja-ya-ZoV3yGodCA.jpg Kue bhoi (Foto: Istimewa)

INDONESIA hadir dengan budaya yang sangat beragam, di mana keragaman budaya tersebut bisa tercermin salah satunya lewat masakan atau sajian sebuah hidangan.

Makanan khas daerah, tidak hanya bermakna sebagai suatu makanan saja loh. Lewat makanan khas, kita bisa sedikit banyak melihat budaya, kebiasaan, dan karakter dari para masyarakat lokal daerah setempat.

BACA JUGA:

IDUL ADHA 2017: Kambing Bakar Madu Lezat Menggugah Selera!

IDUL ADHA 2017: Mengolah Daging Kurban ala Menu Western, Spaghetti Lamb Meatball

Di mana makna tersirat yang disebutkan di atas, tidak hanya bisa dilihat dari makanan yang dihidangkan sehari-hari akan tetapi juga dari menu-menu spesial yang hanya dihidangkan di momen-momen khusus seperti Hari Raya Lebaran, baik itu Idul Fitri ataupun Idul Adha.

Seperti, kudapan kue khas dari Aceh. Jika biasanya di Jakarta, tidak ada kue-kue khusus yang dihadirkan untuk perayaan Idul Adha, lain ceritnya jika di Aceh. Di tanah Serambi Makkah ini, ada sederet jenis kue-kue yang cuma hadir saat Lebaran, salah satunya saat Lebaran Haji.

 

Dirangkum Okezone dari berbagai sumber, kue pertama Timphan. Kue ini hadir dengan kemasan alami yakni helai daun pisang muda, kue ini sendiri bagian dalamnya biasanya diisi dengan srikaya. Kue Timphan ini merupakan salah satu produk kuliner khas Aceh, yang keberadaannya mulai jarang atau sulit ditemukan dalam aktivitas sehari-hari kecuali dalam momen peraayaan besar di Aceh, seperti Lebaran.

Kemudian kue kedua khas Idul Adha di Aceh ada yang dinamakan kue Bhoi, yaitu berupa kue bolu khas Aceh yang punya tekstur kering di bagian luar kue namun lembut di bagian dalamnya. Kue Bhoi ini walaupun manis, namun hadir dengan rasa manis yang pas dan tidak berlebihan. Biasanya kue ini bisa dijadikan sebagai pendamping untuk minum teh atau kopi. Namun sayangnya, kehadiran kue Bhoi ini semakin langka semakin jarang didapati di rumah-rumah di Aceh terutama para generasi muda.

BACA JUGA:

IDUL ADHA 2017: Keutamaan Hari Arafah yang Tidak Banyak Diketahui

IDUL ADHA 2017: Kambing Bakar Madu Lezat Menggugah Selera!

Terakhir kue khas perayaan Idul Adha di Aceh, ialah kue Keukarah atau yang lebih akrab disebut dengan nama kue karah. Kudapan satu ini diketahui cukup terkenal di kalangan masyarakat Aceh, kue karah ini dibuat dengan menggunakan tepung beras dan punya bentuk tampilan sedikit berantakan sehingga mirip dengan bongkahan bihun kering dan banyak juga orang yang menyebutkan bentuk kue ini tidak ubahnya sarang burung.

Walau memiliki tampilan visual yang mungkin tidak terlalu menarik, Eits jangan salah! Di Aceh kue ini dijadikan sebagai bagian dari adat dan upacara-upacara tradisional, terutama di wilayah Aceh Barat yang notabene adalah tempat awal berkembangnya kue karah.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini