Share

OKEZONE WEEK-END: Makan Daging Kambing dan Sapi, Jangan Lupa untuk Konsumsi Sayur Buncis agar Kolesterol Tetap Terjaga!

Pradita Ananda, Okezone · Sabtu 02 September 2017 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 02 298 1768046 okezone-week-end-makan-daging-kambing-dan-sapi-jangan-lupa-untuk-konsumsi-sayur-buncis-agar-kolesterol-tetap-terjaga-fMSNmPeFg4.jpg Tumis buncis (Foto: 4Plates2table)

PERAYAAN pesta apapun pasti identik dengan makan enak, salah satu termasuk di dalamnya saat lebaran Haji.

Ya, segala hidangan yang lezat dan menggiurkan dari daging kambing dan sapi seolah-olah memang memanggil-manggil terus untuk disantap. Akan tetapi, soal sajian makanan Idul Adha memang tidak dipungkiri lekat dengan imej naiknya kadar kolesterol.

 BACA JUGA:

Nah, untuk menyeimbangkan jenis makanan yang diasup. Maka dari itu, saat sedang berpesta merayakan Idul Adha ini jangan hanya asyik menyantap segala makanan yang hanya terbuat dari daging kambing dan sapi juga. Memastikan bahwa ada sayur yang kaya akan serat dan nutrisi yang juga dikonsumsi, juga tidak boleh kelewatan untuk dilakukan.

Salah satu jenis sayuran yang bisa menjadi pilihan untuk mendampingi hidangan daging kambing dan sapi, agar kolesterol bisa tetap berada di ambang batas aman ialah buncis. Ya, seperti dirangkum dari berbagai sumber, buncis diketahui merupakan pilihan jenis sayur yang pas untuk mengatasi masalah kolesterol.

Tahukah bahwasanya buncis yang termasuk dalam kategori sayuran polong-polongan ini, merupakan salah satu sumber serat yang bisa larut. Buncis sendiri memiliki kandungan betaglukan, di mana betaglukan inilah yang ikut berperan untuk mengontrol penyerapan dari produksi kolesterol dalam tubuh. Agar tidak menambah banyak pekerjaan, berikut Okezone uraikan resep tentang cara membuat oseng buncis yang sangat mudah untuk dibuat di rumah agar bisa dimakan bersamaan dengan hidangan daging kambing dan sapi saat Idul Adha.

Resep oseng buncis

Bahan-bahan;

250 gram buncis, potong serong 3 sentimeter;

3 siung bawang putih, iris tipis;

1 sendok makan kecap manis pedas gurih;

2 potong lengkuas;

2 lembar daun salam;

½ sendok teh gula pasir;

½ sendok teh garam;

¼ sendok teh lada bubuk putih;

4 sendok makan minyak;

50ml air;

Cara membuat;

1. Panaskan minyak di atas wajan;

2. Tumis bawang putih hingga matang, masukkan lengkuas, daun salam, masak hingga matang;

3. Masukkan buncis, air, gula, garam, lada bubuk, kecap pedas, aduk merata;

4. Masak hingga buncis matang.

BACA JUGA:

Selain mengonsumsi sayuran seperti buncis dan bayam, disarankan juga untuk menyeimbangkan menu makanan daging-dagingan saat Idul Adha nanti dengan juga mengonsumsi buah-buahan. Seperti yang dituturkan oleh dr Dian Permatasari, M. Gizi, SpGK.

“Konsumsi buah-buahan yang mengandung kandungan vitamin, mineral, dan serat kan khasiatnya bisa melancarkan pencernaan serta menstabilkan gula darah,” ungkapnya saat dihubungi via sambungan telefon belum lama ini.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini