OKEZONE WEEK-END: Masak Buntut Sapi Jadi Sop Buntut Bakar, Sebelum Itu Jangan Lupa untuk Diblansir Dulu Ya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 03 September 2017 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 02 298 1768162 okezone-week-end-masak-buntut-sapi-jadi-sop-buntut-bakar-sebelum-itu-jangan-lupa-untuk-diblansir-dulu-ya-zUUJHlmdBv.jpg Sop buntut bakar (Foto: Veroathome)

LAYAKNYA bagian organ yang lain, buntut sapi pun memiliki permasalahan yang sama, yakni dengan adanya bau prengus alias amis yang melekat.

Namun, jangan sampai halangan perihal aroma yang tidak sedap tersebut lalu dijadikan alasan untuk enggan mengolah bagian dari sapi satu ini. Sayang kan, bagian buntut sapi yang bisa diolah menjadi sajian sop buntut bakar yang lezat ini hanya menjadi onggokan cuma karena Anda tidak mengetahui atau enggan untuk mengolahnya dengan benar.

Well, soal menghilangkan bau prengus alias anyir pada bagian buntut sapi ini, sebenarnya bukanlah yang terlalu sulit. Dirangkum dari berbagai sumber, untuk menghilangkan bau amis pada buntut sapi ini bisa dengan memanfaatkan bumbu-bumbu rempah rumahan seperti jeruk nipis, bawang putih, lengkuas, hingga serai.

 BACA JUGA:

Selain dengan permainan bumbu-bumbu rempah, teknik memasak juga bisa menjadi solusi untuk membuat buntut sapi tidak bau. Teknis memblansir disebutkan sebagai teknik yang sebaiknya dilakukan sebelum proses perebusan, dengan teknik ini bukan hanya bau yang tak sedap yang bisa dihilangkan tetapi juga bisa membuat sisa darah menjadi ikut terbuang, sehingga membuat kaldu buntut bisa menjadi lebih enak.

Disebutkan lebih lanjut, teknik memblansit ini dilakukan dengan cara pertama-tama yakni mencuci buntut hingga benar-benar bersih terlebih dahulu, setelah itu blansir dengan metode merendam buntut mentah ini di air mendidih kurang lebih selama 30 detik. Setelah itu, baru buang semua air dan tiriskan buntut, kemudian lanjutkan dengan merebus buntut sapi di air yang baru.

Metode merebus buntut ini, tidak hanya bisa diterapkan bagi masakan buntut berkuah namun juga yang digoreng agar buntut sapi yang dimasak bisa menghasilkan daging yang empuk. Proses perebusan yang dilakukan selama kurang lebih tiga jam dan api sedang ini sendiri, harus dilakukan dengan bumbu-bumbu dan sayuran seperti bawang bombay, daun bawang, bawang putih, seledri, wortel dan lobak.

Diketahui pula, bahwasanya dalam merebus buntut, besar kecilnya api perlu sekali untuk dijaga. Jangan sampai air rebusan bergolak-golak karena terlalu mendidih, barulah setelah direbus buntut sapi ini siap diolah jadi masakan, salah satunya sop buntut bakar. Nah, supaya tidak bingung berikut sudah Okezone sitat cara membuat sop buntut sapi bakar dari Selerarasa.

Sop buntut sapi bakar

Bahan-bahan;

1000 gr buntut sapi (potong-potong);

2 buah wortel (potong-potong 1 sentimeter)

2 batang seledri segar (iris tipis);

2 sdm mentega;

3 buah kentang, kupas kulit, potong dadu;

1 sendok teh garam;

2 batang daun bawang (iris kasar);

1/2 sendok teh merica bubuk;

1/2 butir pala, memarkan;

1 1/2 liter air matang;

5 butir cengkeh;

Rempah dan bumbu;

5 butir cengkeh;

1/2 sendok teh merica bubuk;

1/2 butir pala, memarkan;

5 siung bawang putih, memarkan;

1 sendok teh garam;

BACA JUGA:

Cara membuat buntut sapi;

1. Langkah pertama, rebus terlebih dahulu air dalam panci dan masukkan buntut sapi kedalamnya rebus dengan menggunakan api besar hingga mendidih dan keluar buih. Setelah itu buang terlebih dahulu air buihannya;

2. Ambil panci lain dan masukan buntut kedalamnya dan berikan dengan air kaldu kira-kira secukupnya. Kemudian masukan bumbu dan rempah yang telah dipersiapkan sebelumnya, lalu rebus buntu dengan api kecil hingga mendidih dan menjadi lebih empuk;

3. Selanjutnya masukan sayuran yakni kentang dan wortel kemudian masak hingga matang dan tambahkan daun bawang serta seledri didihkan sementara, kemudian angkat dan matikan kompor.

Cara membuat buntut bakar:

1. Tiriskan buntut sapi dalam wadah, olesi dengan sedikit mentega;

2. Panggang sebentar diatas wajan tebal atau panggangan hingga buntut sapi menjadi lebih kecoklatan;

3. Angkat dan sajikan bersama dengan kuah selagi masih hangat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini