nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Catat, Dilarang Berpuasa pada Hari Tasyrik, Ini Tanggalnya!

Vessy Frizona, Jurnalis · Minggu 03 September 2017 20:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 03 196 1768487 okezone-week-end-catat-dilarang-berpuasa-pada-hari-tasyrik-ini-tanggalnya-yzRMGLRsKi.jpg Ilustrasi (Foto: Askmen)

BAGI Anda yang rajin berpuasa Senin-Kamis atau puasa Nabi Daud yang memiliki tenggat waktu satu hari puasa satu hari tidak, disarankan untuk memerhatikan waktu.

Sebab, bila terlewat sungguh sangat disayangkan. Bisa jadi saat berpuasa, hari tersebut adalah hari dilarang untuk berpuasa.

Seperti berpuasa pada hari Tasyrik. Waktu di mana masih termasuk tanggalan 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Bila pada tanggal tersebut adalah hari Senin atau Kamis, maka diarang untuk berpuasa.

Baca Juga: IDUL ADHA 2017: Gaji Pas-pasan Tapi Ingin Berkurban? Nabung Setahun Sebelumnya

Rasulullah SAW bersabda,

"Hari-hari tasyriq adalah hari makan dan minum.” (HR. Muslim no. 1141, dari Nubaisyah Al Hudzali).

Berdasarkan hadits tersebut, banyak ulama mengharamkan berpuasa. Imam Nawawi rahimahullah memasukkan hadits ini di Shahih Muslim dalam Bab “Haramnya berpuasa pada hari tasyrik”.

Baca Juga: OKEZONE WEEK-END: Padu-padan Busana Hijab Modis dan Nyaman saat Liburan

Hari-hari tasyrik adalah tiga hari setelah Idul Adha. Hari tasyrik tersebut dimasukkan dalam hari raya, ied. Hari tasyriq memiliki kesamaan dalam waktu pelaksanaan penyembelihan kurban.

Baca Juga: IDUL ADHA 2017: Rekomendasi Busana Nyaman dan Sopan untuk Anak-Anak saat Idul Adha ala Natasha Rizky Hingga Annisa Pohan

Pada hari tasyrik tidak diberi keringanan untuk berpuasa kecuali bagi orang yang tidak mendapat al hadyu ketika itu.” (HR. Bukhari no. 1997 dan 1998).

Untuk tahun 2017 ini, hari tasyrik yang merupakan waktu larangan puasa adalah tiga hari setelah Idul Adha yang jatuh pada Jumat, 1 September 2017.

Maka saat akhir pekan dilarang berpuasa. Dan, bagi yang rajin puasa senin-kamis, Senin 4 September 2017 masih masuk hari tasyrik, maka dilarang berpuasa.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini