Image

OKEZONE WEEK-END: Masak Daging Kambing Masih Bau Perengus? Ikuti Trik Pengusaha Olahan Kambing Legendaris Ini

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Minggu 03 September 2017, 07:08 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 09 03 298 1768280 okezone week end masak daging kambing masih bau perengus ikuti trik pengusaha olahan kambing legendaris ini PVo2jeNMEm.jpg Cara menghilangkan bau perengus daging kambing (Foto:Wikipedia)

DAGING kambing banyak disukai orang karena rasanya tetapi tak sedikit juga yang sengaja menghindari karena aroma khas yang dianggap mengganggu. Kambing punya aroma khas yang disebut prengus.

Banyak orang mencari dan berburu cara bagaimana menghilangkan aroma prengus pada kambing, terutama pada bagian jeroannya. Aroma prengus ini sebenernya tercipta secara alami namun bisa dikurangi dan dihilangkan dengan berbagai tips dan trik mudah.

Di momen Idul Adha, akan banyak orang yang mendapatkan daging kambing kurban. Kantongi berbagai tips dan trik sebagai modal utama untuk mengusir bau prengus pada daging dan jeroan kambing.

BACA JUGA:

OKEZONE WEEK-END: Bosan Disate saatnya Jajal Kambing Bakar Madu yang Menggugah Selera

OKEZONE WEEK-END: 3 Jenis Kue Manis yang Kerap Hadir dalam Perayaan Idul Adha di Aceh, Hmmm Apa Saja Ya?

Rizal, pemilik bisnis kuliner gorengan kambing di Jakarta membagikan tipsnya kepada Okezone. Pria ramah ini mengatakan aroma prengus pada kambing bisa dihilangkan dengan cara dicuci hingga benar-benar bersih.

“Enggak ada trik khusus, cuma dicuci saja sampai bersih pakai air mengalir. Bagian daging memang tidak terlalu kotor dan berbau, justru yang paling bau itu bagian jeroannya, itu harus pakai cara khusus,” kata Rizal yang usaha milik orang tuanya ini sudah berjalan sejak 1951.

Berdasarkan pengalamannya mengolah daging kambing, Rizal mengaku mencuci jeroan kambing berkali-kali. Khusus bagian usus, Rizal membersihkannya dengan bawang merah. “Pertama masukin bawang merah ke dalam usus lalu sambil dialiri air, bawangnya didorong sampai ke ujung usus yang satu. Nanti kotorannya hilang semua. Kalau benar-benar bersih, enggak akan bau perengus lagi,” imbuh Rizal.

Lain lagi dengan Indra, generasi kedua pemilik Gecok Kambing Mantep Roso, Semarang yang sudah ada sejak 1940-an. Secara turun temurun, Indra diwarisi cara mengolah kambing termasuk untuk menghilangkan aroma prengusnya.

BACA JUGA:

OKEZONE WEEK-END: Kenali Kibbeh Perkedelnya Orang Timur Tengah, Ayo Jajal Bikin di Rumah Pakai Daging Kurban

OKEZONE WEEK-END: Rabeg Hingga Kambing Bakar Balangga, Ragam Kuliner Khas Perayaan Idul Adha di Indonesia

“Dimasak pakai bumbu yang banyak, rempahnya juga. Itu nanti aroma kambingnya hilang tertutup aroma rempah. Rasanya juga kuat di bumbu dan rempah,” kata Indra saat ditemui Okezone di Jakarta belum lama ini.

Beberapa rempah ampuh yang bisa digunakan antara lain cengkeh, kayu manis, kembang lawang atau pekak, kapulaga dan lain sebagainya. Sebelum dimasak dengan berbagai bumbu racikan, daging kambing bisa juga direbus terlebih dulu sebelum dimasak. Tujuannya adalah menghilangkan aroma prengusnya sekaligus membuat daging lebih empuk.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini