nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Serba-serbi Mutabbaq Kuliner Yaman yang Populer di Indonesia sebagai Martabak, Jajal Bikin Pakai Daging Kurban Yuk!

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Minggu 03 September 2017 09:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 03 298 1768281 okezone-week-end-serba-serbi-mutabbaq-kuliner-yaman-yang-populer-di-indonesia-sebagai-martabak-jajal-bikin-pakai-daging-kurban-yuk-cf0mEkm3Ub.jpg Martabak telur (Foto:Ilustrasi/Ist)

KULINER Indonesia memiliki berbagai sejarah panjang dibaliknya. Tidak hanya makanan khas saja yang tetap terjaga eksistensinya tapi makanan hasil pertukaran budaya juga acap kali jadi hidangan yang digemari banyak orang, misalnya saja martabak.

Martabak berasal dari kata mutabbaq yang dalam bahasa Arab artinya dilipat. Dari namanya diketahui martabak berasal dari Yaman yang kemudian secara perlahan dibawa oleh pedagang melintas berbagai benua dan negara termasuk Indonesia.

BACA JUGA:

OKEZONE WEEK-END: Masak Daging Kambing Masih Bau Perengus? Ikuti Trik Pengusaha Olahan Kambing Legendaris Ini

OKEZONE WEEK-END: Kenali Kebab, Sate ala Timur Tengah Bisa Dibuat Pakai Daging Kurban

Martabak yang dimaksud adalah hidangan yang dikenal sebagai martabak telur. Sejak awal, konon resepnya tidak pernah berubah. Komposisi hidangan ini cukup simpel yakni daging cincang, telur dan daun bawang yang dimasak dalam adonan terigu yang dipipihkan. Di Timur Tengah, adonan ini dikenal dengan sebutan philo pastry.

Selain diberi isian daging sapi, martabak ala Timur Tengah populer dibubuhi daging kambing cincang. Tentu aroma dan rasanya sedikit berbeda, demikian juga efek yang dirasakan tubuh. Martabak dengan daging kambing akan membuat tubuh terasa panas.

Nah jika Anda mendapat banyak daging kurban sapi, sisihkan untuk membuat isian martabak yuk. Ini resepnya.

Resep Martabak Telur

Bahan adonan kulit

1 ½ cup tepung terigu protein tinggi

1 ½ cup tepung terigu protein sedang

¾ - 1 cup air hangat

1/3 cup minyak sayur

1 ¼ sdt garam

Bahan isi

½ buah bawang bombay, cincang

1 siung bawang putih, cincang

225 gr daging sapi atau daging kambing

½ buah tomat, potong dadu

Jintan secukupnya

Ketumbar secukupnya

Lada hitam secukupnya

Cabai bubuk secukupnya

1 cup bawang bombay cincang halus

Daun bawang secukupnya iris tipis

4 butir telur

Garam secukupnya

BACA JUGA:

OKEZONE WEEK-END: Bosan Disate saatnya Jajal Kambing Bakar Madu yang Menggugah Selera

OKEZONE WEEK-END: Lebih Mengenal Rabeg, Kuliner Khas Banten yang Selalu Hadir saat Idul Adha

Cara membuat

1. Adonan : Campur semua bahan, uleni hingga kalis. Olesi tangan dengan minyak agar adonan menjadi licin dan tidak lengket. Simpan adonan selama 3 jam;

2. Isian : Tumis bawang hingga harum, tambahkan daging dan bawang putih. Masak hingga daging matang, masukkan tomat dan bumbui dengan rempah. Masak hingga matang. Angkat;

3. Kocok telur dan garam dalam mangkuk besar. Tambahkan daun bawang cincang dan bawang bombay. Masukkan daging tumis, aduk hingga rata;

4. Pengolahan : Siapkan alas datar dan bersih, pipihkan adonan kulit sambil diolesi minyak. Jika memungkinkan, pipihkan adonan dengan cara diputar sampai tipis;

5. Tuang isi daging ke adonan kulit lalu masak di wajan datar hingga matang. Lipat martabak hingga membentuk kotak dan masak sampai matang di semua sisinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini