Share

Cantik, Kue Tart Bertabur Serpihan 'Kristal' Ini Ternyata Bisa Dibuat Sendiri

Devi Setya Lestari, Okezone · Senin 04 September 2017 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 04 298 1768797 cantik-kue-tart-bertabur-serpihan-kristal-ini-ternyata-bisa-dibuat-sendiri-hN2UbLkEtA.jpg Kue bertabur kristal (Foto:Rocketnews)

 

MAKANAN dengan bentuk dan konsep perhiasan tampaknya membuat daya tarik sendiri bagi pencinta kuliner khususnya jenis dessert. Setelah sukses dengan lembaran emas yang berkilauan dan springkle manis bentuk mutiara, kini foodies bisa menyantap kristal cantik, bahkan bisa dibuat sendiri di rumah.

Bermodalkan kemauan dan kreatifitas, seseorang bisa membuat makanan manis mengesankan dengan atau tanpa keahlian khusus di bidang pastry. Konon kabarnya membuat pastry lebih sulit dibandingkan memasak makanan menjadi hidangan lezat. Karena disadari atau tidak, membuat pastry juga dibutuhkan jiwa seni yang tinggi.

Hal pertama yang membuat pastry terlihat menarik adalah karena tampilannya. Di Jepang baru-baru ini heboh dengan postingan kue tart cokelat yang bagian toppingnya dihias dengan serpihan kristal yang tampak berkilauan. Semua mendadak viral setelah seorang pemilik akun Twitter membagikan gambar tart dengan topping kristal ruby dan sapphire.

BACA JUGA:

URBAN FOOD: Mau Churros atau Poffertjes, Jajal Bikin 3 Camilan Eropa Nan Lezat Menggoda

Buat Permainan Ringan, Trik Mudah Bikin Pesta Meriah Tanpa Menguras Budget

Hal pertama yang terbayangkan pastilah bagaimana caranya menggigit batu kristal yang keras, dan apakah aman dimakan?

Entah kabar ini menyenangkan atau mengecewakan, kristal yang dihidangkan ini bukanlah kristal sungguhan alias kristal hasil modifikasi makanan. Bahan utama untuk membuat kristal ini adalah agar-agar jelly. Bahkan semua orang bukan hanya bisa menikmati gambarnya, kristal ini bisa dibuat di rumah. Menarik bukan?

 

Pemilik akun twitter @takahime117 membagikan bocoran bagaimana membuat dessert mengagumkan ini.Untuk membuat kristal berwarna merah dan biru ini diperlukan beberapa bahan antara lain air, gula, pewarna makanan dan agar-agar bubuk. Sementara pelengkapnya yakni kue tart coklat, cup cakes atau cookies yang siap saji.

Proses pembuatannya dimulai dengan mencampurkan pewarna makanan dalam air kemudian masukkan agar-agar dan masak hingga matang. Cetak agar-agar dalam wadah plastik dan diamkan hingga mengeras.

BACA JUGA:

Yakin Masih Mau Beli Daging Giling atau Permen Karet Setelah Menguak Rahasianya?

RESEP NENEK: Gulai Kambing Kacang Hijau Lezat & Menggugah Selera untuk Makan Siang

Setelah keras, potong agar-agar dengan bentuk menyerupai kristal. Bentuk setiap sudutnya agak meruncing agar tampak seperti kristal sungguhan, Gunakan pisau kecil yang tajam agar hasilnya sempurna. Buat beberapa bentuk dengan ukuran yang berbeda.

Sebelum dijadikan topping, taburi terlebih dulu tart cokelat dengan gula bubuk kemudian tata kristal-kristal ini sebagai topping. Hal yang perlu diingat adalah menyusun kristal dengan bentuk dan ukuran berbeda. Tempatkan satu kristal ukuran besar dengan tambahan kristal kecil di sampingnya. Jangan terlalu banyak menaruh kristal karena akan membuat kue tampak berantakan.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini