nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alamak, Chef-Chef Ternama di Asia Ternyata Lebih Suka Belanja di Pasar Tradisional, Ini Daftarnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 05 September 2017 09:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 04 298 1769093 alamak-chef-chef-ternama-di-asia-ternyata-lebih-suka-belanja-di-pasar-tradisional-ini-daftarnya-NUnakXRFta.jpg Pasar tradisional di dunia (Foto:Bookthailand)

MENDAPAT gelar Michelin Star merupakan sebuah kehormatan bagi setiap restoran. Pasalnya, predikat ini hanya diberikan kepada restoran yang telah memenuhi standar, baik dalam teknik penyajian, cita rasa, dan beberapa faktor pendukung lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa sebagian besar restoran mewah membeli bahan makanan dari pasar tradisional?

Di tempat inilah para chef mencari sayuran, buah, hingga daging ikan segar sembari bertukar informasi dengan para pedagang. Daripada penasaran, berikut 4 pasar tradisional yang menjadi favorit para chef ternama Asia, sebagaimana dilansir dari CNN, Selasa (5/9/2017).

BACA JUGA:

4 Pasar Tradisional Terbaik di Dunia Favorit Chef Ternama, Salah Satunya Pasar Rantepao di Sulawesi Selatan

Hobi Makan Pedas? Kenalan Dulu Yuk dengan Sid Barber, si Ratu Cabai!

Kyoto’s Central Wholesale Market, Jepang

 

Bagi Anda yang memiliki hobi wisata kuliner dan menyukai makanan unik yang diolah dengan teknik khas gastronomi, Jepang bisa menjadi pilihan tepat. Soal kualitas dan kesegaran produk, Negeri Sakura ini memang jagonya. Seorang chef dari Mizuki Sushi di Ritz-Carlton Kyoto, Chisaki Iba, mengungkapkan bahwa Kyoto’s Central Wholesale Market merupakan satu dari sekian banyak pasar makanan yang menyuguhkan beragam bahan makanan segar. Ia mengaku sering mengunjungi pasar ini pada pukul 7 pagi untuk membeli beberapa jenis ikan segar. Iba mengolah ikan-ikan tersebut menjadi sajian sushi dan sashimi kelas dunia.

Or Tor Kor Market, Thailand

Selain Jepang, Thailand juga dikenal sebagai salah satu pusat kuliner dunia. Sehingga tidak mengherankan jika negara ini memiliki beberapa pasar terbaik. Jarrett Wrisley yang merupakan pemilik sekaligus Chef Soul Food Mahanakorn mengatakan bahwa ia kerap membeli bahan makanan segar dari Or Tor Kor Market.

“Mengingat banyak pasar basah yang direlokasi ke sejumlah pusat perbelanjaan, sangat menyenangkan melihat pasar ini berkembang. Berbagai hasil produksi dengan kualitas terbaik dapat ditemukan di pasar ini. Semuanya berasal dari kebun-kebun terbaik di Thailand tengah,” tuturnya.

Chinatown Wet Market, Singapura

Dibandingkan pasar modern, para chef profesional tampaknya masih memilih pasar tradisional atau pasar basah untuk membeli bahan masakan mereka. Seperti yang diakui oleh seorang chef profesional asal Singapura, Liu Ching Hai. Liu mengaku sering membeli keperluan dapurnya di Chinatown Wet Market.

“Pasar ini terletak tepat di mana semua warisan dan budaya China berada. Jadi selalu ada pemandangan yang indah untuk dilihat ketika berbelanja di sini. Saya sering membeli beberapa bahan segar seperti herring serigala, kura-kura, kodok, kerang, dan makanan laut hidup lainnya. Bahan makanan tersebut cenderung sulit ditemukan di tempat lain. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dengan tingkat kesegaran yang baik,” ujar Liu.

BACA JUGA:

POP SUGAR: The Miliarder, Es Krim Termahal di Inggris Dibanderol Rp1,8 Juta

Yakin Masih Mau Beli Daging Giling atau Permen Karet Setelah Menguak Rahasianya?

Keen Hing Enterprise, Malaysia

Ricky Thein merupakan salah satu chef ternama asal Malaysia yang telah menggeluti dunia kuliner sejak bertahun-tahun silam. Ia bahkan telah bekerja bersama para master koki di hampir seluruh daratan China. Dengan segudang pengalaman dan pengetahuannya, Ricky juga pandai dalam memilih tempat untuk membeli bahan-bahan masakannya. Selama bekerja di Malaysia, ia sering mengunjungi Keen Hing Enterprise.