nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

FOOD STORY: Kenali Bebalung Sapi, Santapan Lezat dari Lombok Berikut Resepnya

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 05 September 2017 10:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 04 298 1769142 food-story-kenali-bebalung-sapi-santapan-lezat-dari-lombok-berikut-resepnya-tQUaEb7d2b.jpg Bebalung lombok (Foto:Visitlombok)

 

BEBALUNG dalam bahasa Sasak, suku asli Lombok, memiliki arti tulang-belulang. Inilah alasan kenapa hidangan berkuah ini berisi tulang iga dan buntut. Belum kenal apa itu bebalung?

Bebalung adalah sebutan untuk hidangan khas Lombok dengan kuah yang menggenang. Sekilas tampak seperti sup namun dengan bumbu yang lebih kompleks sehingga rasanya lebih kaya.

Dikutip dari buku 80 Warisan Kuliner Nusantara karya Semijati Purwadaria, bumbu yang digunakan untuk membuat bebalung antara lain bawang merah, bawang putih, jahe, terasi, cabai merah dan asam muda. Beberapa daerah membuatnya dalam berbagai versi, seperti di Lombok Timur yang ditambahkan kunyit, sementara kuahnya diberi dengan tambahan santan.

BACA JUGA:

Tagihan Makan Hanya Rp1 Juta, Aktris Ini Kasih Tip ke Pelayan Sampai Rp6 Juta!

Awas Jangan Tertipu, Seperti Asli Kepiting Ini Ternyata Kue!

Bebalung sapi termasuk makanan khas yang istimewa di Lombok. Dalam berbagai kesempatan acara besar selalu ada bebalung misalnya acara hajatan pernikahan, sunatan, kenduri, acara adat hingga upacara kematian.

Bagian tulang yang digunakan untuk membuat bebalung dipotong dengan ukuran cukup besar. Bahkan untuk tamu istimewa, bagian tulang paling besar yang akan dihidangkan karena di dalam tulang ini terdapat sum-sum yang lezat.

Dalam 20 tahun belakangan, banyak orang membuat bebalung dengan memanfaatkan daging lain selain daging sapi yakni menggunakan daging dan tulang kuda. Rasanya memang mirip tetapi sensasi aroma dan tekstur dagingnya jelas berbeda, daging kuda terasa lebih liat atau alot.

Penasaran dengan sensasi rasa bebalung? Coba bikin di rumah yuk, simak resepnya.

Bahan

500 gr iga sapi, potong-potong

15 gr daun asam

1500 ml air

2 sdt garam

1 sdt gula pasir

2 sdm minyak untuk menumis

BACA JUGA:

4 Pasar Tradisional Terbaik di Dunia Favorit Chef Ternama, Salah Satunya Pasar Rantepao di Sulawesi Selatan

Hobi Makan Pedas? Kenalan Dulu Yuk dengan Sid Barber, si Ratu Cabai!

Bumbu halus

3 buah cabai merah keriting

3 buah cabai merah besar

3 siung bawang putih

½ sdt ketumbar

3 cm kencur

1 cm jahe

½ sdt merica

½ sdt terasi

2 cm lengkuas

Cara membuat

1. Rebus iga sapid an air sampai dagingnya empuk;

2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum;

3. Tuang ke rebusan iga. Masukkan garam dan gula pasir. Masak sampai mendidih. Tambahkan daun asam. Masak sampai meresap. Angkat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini