nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kaya Vitamin dan Serat, Buncis Baik untuk Memperlambat Proses Penuaan dan Atasi Sembelit

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 05 September 2017 06:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 04 481 1769066 kaya-vitamin-dan-serat-buncis-baik-untuk-memperlambat-proses-penuaan-dan-atasi-sembelit-s1QGCisKh1.jpg Buncis (Foto: Boldsky)

BUNCIS sayuran yang mudah dibeli di pasar, tapi juga kaya serat dan vitamin. Sayuran hijau ini juga mengandung tinggi antioksidan yang baik untuk melawan penyakit.

Selain itu, buncis mengandung karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Sayur buncis juga mengandung lutein dan zeaxanthin, serta sumber vitamin A.

Satu mangkuk buncis rebus mengandung sekira 29% vitamin A. Buncis ini juga tidak mengandung lemak dan bebas kolesterol.

BACA JUGA:

Anda juga harus tahu manfaat jika mengonsumsi buncis setiap hari. Mulai dari menguatkan tangan, menyehatkan kulit, hingga banyak serat untuk sistem pencernaan.

Lebih lanjut, simak ulasan manfaat makan buncis setiap hari. Ini dia 7 ulasannya, dilansir Boldsky, Selasa (5/9/2017).

Tulang lebih kuat

Tubuh Anda membutuhkan vitamin K agar menghasilkan protein yang membantu tulang Anda menyerap kalsium. Konsumsi buncis juga mengatur metabolisme tulang dan mencegah hilangnya mineral. Satu mangkuk buncis rebus mengandung 20 mikrogram vitamin K yang menjaga kesehatan tubuh.

Sehatkan kulit

Vitamin C dari buncis dapat menetralisir radikal bebas sebelum merusak sel sehat. Selain menjaga sel, vitamin C juga melindungi protein, karbohidrat dan DNA dari radikal bebas. Anda harus mengonsumsinya supaya mendapatkan kulit yang sehat dan cerah sepanjang.

Menurunkan berat badan

Buncis rendah kalori yang bisa menurunkan berat badan. Cukup konsumsi satu mangkuk agar bisa mendapatkan manfaatnya setiap saat.

Kaya serat

Buncis merupakan sumber serat makanan yang baik. Sayuran ini dapat mencegah masalah pencernaan. Karena kandungan serat di dalamnya membantu mencegah sembelit dan hemoroid.

BACA JUGA:

Folat

Sayuran buncis merupakan sumber folat yang baik yang membantu pembelahan sel dan sintesis DNA. Makanan kaya folat juga membantu wanita selama masa prakonsepsi dan kehamilan. Buncis sangat baik dikonsumsi oleh wanita hamil agar janinnya sehat.

Mencegah infeksi

Buncis juga mengandung vitamin seperti niacin dan tiamin. Sayuran ini juga merupakan sumber nutrisi yang baik yang mencegah banyak infeksi dalam tubuh. Apalagi di musim kemarau, banyak penyebaran virus dan kuman penyebab infeksi bakteri.

Memperlambat proses penuaan

Vitamin A yang ditemukan dalam buncis juga membantu dalam memberikan antioksidan yang menghasilkan senyawa baik. Fungsinya yakni memperlambat proses penuaan yang pasti sangat dibutuhkan wanita.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini