Wajib Tahu! Daging Murah Bisa Jadi Steak Lezat dengan 3 Cara Ini, Perhatikan Marinasinya

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 05 September 2017 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 05 298 1769534 wajib-tahu-daging-murah-bisa-jadi-steak-lezat-dengan-3-cara-ini-perhatikan-marinasinya-b2K7pqNDyK.jpg Tips membuat steak dari daging murah (Foto:Shutterstock)

 

STEAK lezat tergantung penggunaan daging dan cara mengolahnya. Wajar saja jika steak punya lezat jika terbuat dari daging berkualitas dengan banderol harga selangit. Tapi ternyata daging murah bukan berarti tidak bisa menghasilkan steak nikmat lho.

Dilansir dari Allrecipe, Selasa (5/9/2017) Matt Broussard seorang koki ternama membagikan tips dan juga trik bagaimana mengolah daging murah menjadi steak lezat.

Matt adalah seorang koki berpengalaman yang lama berkecimpung dalam dunia kuliner termasuk soal mengolah daging panggang. Menurutnya daging yang paling sering dijadikan steak adalah tenderloin namun harganya kadang membuat orang harus berpikir 2 kali. Sebagai solusi, Matt menyarankan menggunakan daging sirloin.

Selain sirloin, Matt juga menyarankan menggunakan daging dari bagian panggul sapi. Bagian sapi ini dibanderol dengan harga yang juga murah karena mengandung cukup banyak lemak. Pada bagian panggul ini terdapat sandung lamur namun tekstur dan rasanya justru akan sangat lezat karena lemak ini.

BACA JUGA:

Bayangkan Bagaimana Serunya Menyantap Smoothie Bowl Cantik Penuh Warna Ini

Foodies Siap-Siap Ngiler, Ada Donat Millennial Warna Pink Cantik dan Instagramable Banget!

Meskipun sirloin maupun daging bagian panggulpunya kualitas dibawah tenderloin tetapi Anda bisa mengolahnya jadi steak lezat, tentunya dengan menerapkan tips dan trik yang diberikan Matt. Ada 3 langkah yang dibagikan Matt untuk mengolah daging menjadi steak lezat layaknya dari steak house ternama.

Proses marinasi

Tekstur dan rasa daging dipengaruhi juga oleh cara pengolahannya. Sebelum diolah, daging steak sebelumnya sudah dimarinasi dengan rendaman air soda selama semalaman. Air soda ampuh jadi bahan yang merengangkan otot daging dan melunakkan serat daging sehingga teksturnya bisa menjadi lebih empuk tanpa merusak rasanya. Setelah semalaman direndam, daging bisa ditiriskan untuk kemudian dibubuhi garam dan merica.

BACA JUGA:

FOOD STORY: Kenali Bebalung Sapi, Santapan Lezat dari Lombok Berikut Resepnya

Alamak, Chef-Chef Ternama di Asia Ternyata Lebih Suka Belanja di Pasar Tradisional, Ini Daftarnya

Siapkan alat panggang

Baik memanggang menggunakan alat grill ataupun wajan anti lengket, pastikan keduanya sudah panas sebelum daging diletakkan untuk dimasak. Suhu panas pada alat panggang ini akan membuat daging bereaksi dengan cepat. Biarkan satu sisi daging matang terlebih dulu sebelum membaliknya ke satu sisi lain. Biasanya proses ini memakan waktu 5 menit.

Steak matang lebih nikmat

Jika menggunakan daging tenderloin, sah saja mengolahnya menjadi steak rare ataupun medium rara. Tapi dengan daging murah, steak matang akan terasa lebih lezat. Cukup masak hingga medium well agar tekstur juicy masih terasa dan tampilan warna daging juga menggoda. Warna kecoklatan pada pinggir daging akan membuatnya makin tampak menggoda. Jika prosesnya benar maka tekstur juicy akan membuat daging sangat lezat.

(ndr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini