Share

Sudah Berubah Bentuk, Tanda Wadah Plastik di Rumah Harus Segera Diganti dengan yang Baru

Pradita Ananda, Okezone · Selasa 05 September 2017 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 05 298 1769544 sudah-berubah-bentuk-tanda-wadah-plastik-di-rumah-harus-segera-diganti-dengan-yang-baru-A0bqQOOeUM.jpg Ilustrasi wadah plastik (Foto: Thekitchn)

WADAH atau kontainer plastik kerap dijadikan andalan bagi banyak orang dengan berbagai fungsi. Wadah plastik biasanya dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyimpan makanan jadi yang dibawa sebagai bekal makan siang ataupun bahan-bahan makanan dalam waktu yang lama, baik itu yang disimpan di dapur dan juga yang harus disimpan di dalam lemari pendingin.

Kontainer plastik jadi andalan karena selain jauh lebih ringan, juga lebih tangguh daripada wadah kaca yang mudah pecah. Akan tetapi, walaupun tahan lama wadah plastik ini sendiri pada dasarnya tidak bisa digunakan untuk selamanya loh! Nah agar menghindari risiko-risiko yang tidak diinginkan.

Wadah kontainer plastik ini juga harus diganti. Apa saja pertanda yang bisa diperhatikan sebagai penanda bahwa deretan wadah plastik andalan di rumah harus segera diganti dengan yang baru? Berikut ulasannya!

BACA JUGA:

Ini 3 Alat Dapur yang Paling Sering Tidak Dipakai

Mesin Pencuci Piring atau Cuci Piring dengan Tangan, Mana Lebih Baik?

Berumur lebih dari 10 tahun 

Plastik sendiri hadir dengan potensi bahaya berupa BPA atau bisphenol-A serta phthalates yang dapat meleleh dan larut ke makanan. Walau produsen wadah plastik seperti Tupperware disebutkan sudah menghilangkan kandungan ini dalam pembuatan produk mereka, namun disarankan untuk segera mengganti wadah plastik kesayangan di rumah jika sudah digunakan selama kurang lebih satu dekade.

Tutupnya rusak

Tutup wadah kehadirannya menjadi sangat penting, dalam perihal menyimpan makanan di dalam wadah plastik. Jika keadaan tutup atau lid dari wadah plastik sudah rusak, tidak lagi dapat menutup wadah dengan rapat ataupun hilang segeralah mengganti wadah tersebut dengan wadah yang baru. Sekiranya sekali dalam setahun, coba periksa semua tutup wadah plastik di rumah apakah masih bisa berfungsi dengan benar atau tidak, jika tidak maka segera ganti dengan wadah yang baru.

 Aroma bau atau ada noda tertinggal 

Terkadang karena menyimpan suatu jenis makanan tertentu, wadah plastik menjadi berbau dan bernoda. Jika sudah mencoba berbagai upaya untuk menghilangkan bau dan noda membandel tersebut, namun tak juga hilang. Ada baiknya untuk tidak lagi mempertahankan wadah plastik tersebut, dan menggunakan wadah kontainer plastik yang baru.

Bentuk yang aneh 

Bentuk wadah yang aneh di sini maksudnya ialah, misalnya di sisi ujung wadah tidak sengaja meleleh karena terkena hawa panas dari kompor, ataupun di sisi bawahnya terdapat goresan sayatan karena tergores alat makan atau pisau. Ini adalah pertanda bahwasanya wadah plastik tersebut tidak lagi terus digunakan karena kerusakan-kerusakan ini disebutkan dapat meningkatkan resiko melelehnya zat-zat yang tidak diinginkan ke dalam makanan.

BACA JUGA:

5 Hal Tidak Boleh Dilakukan dengan Sumpit

Sepenggal Kisah tentang Kotak Makan

Tidak suka 

Alasan tidak suka dengan ukuran ataupun bentuk dari wadah plastik yang ada di rumah, juga bisa menjadi tanda bahwa wadah plastik tersebut harus diganti dengan yang baru. Ukuran yang salah, ataupun bentuk wadah plastik yang dirasa tidak bisa mengakomodir kebutuhan Anda lebih baik disumbangkan dan diganti dengan baru daripada hanya memenuhi rak lemari di dapur karena terbengkalai tidak digunakan sebagaimana mestinya. Demikian seperti dilansir Thekitchn, Selasa (5/9/2017).

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini