Share

LUAR BIASA, Meksiko Pecahkan Rekor Dunia Bikin Guacamole Sebanyak 3 Ton!

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Selasa 05 September 2017 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 05 298 1769671 luar-biasa-meksiko-pecahkan-rekor-dunia-bikin-guacamole-sebanyak-3-ton-31QINpDLyK.jpg Guacamole kuliner khas Meksiko (Foto:Yourselfskinny)

BAGI pencinta kuliner Meksiko pasti sudah tidak asing lagi dengan taco, burrito, nachos, dan guacamole. Hidangan tersebut cukup digemari karena menyuguhkan sensasi rasa unik yang memadukan bumbu rempah-rempah, sayuran segar, dan beberapa bahan makanan lezat lainnya.

Berbicara soal kuliner khas Meksiko, negara tersebut ternyata baru saja memecahkan rekor dunia dengan mengolah guacamole sebanyak 3 ton. Rekor ini berhasil dipecahkan setelah 1.000 orang membantu untuk menghaluskan 25.000 buah alpukat secara serentak.

Dilansir dari Reuters, Selasa (4/9/2017), ide unik ini pertama kali dicetuskan oleh para petani alpukat di negara bagian Jalisco, Meksiko. Untuk diketahui, 80 persen produk alpukat yang dikonsumsi penduduk Amerika Serikat berasal dari hamparan kebun yang ada di Meksiko. Jalisco menjadi produsen terbesar kedua varietas hass di Meksiko, setelah negara bagian Michoacan.

BACA JUGA:

FOOD STORY: Kenali Bebalung Sapi, Santapan Lezat dari Lombok Berikut Resepnya

Foodies Siap-Siap Ngiler, Ada Donat Millennial Warna Pink Cantik dan Instagramable Banget!

Diperkirakan lebih dari 600 koki dan 400 penduduk dari Concepcion de Buenos Aries menyiapkan hidangan tradisional itu untuk disajikan kepada ribuan orang yang menghadiri acara pemecahan rekor tersebut. Mayoritas pengunjung berasal dari ibukota negara bagian Jalisco yakni, Guadalajara.

 

Nah, jika Anda tergiur untuk membuat guacamole di rumah, berikut Okezone rangkumkan beberapa tips mengolah hidangan tersebut dengan baik dan benar.

1. Untuk membuat guacamole yang lezat, Anda membutuhkan alpukat yang matang secara sempurna. Jika Anda baru membeli alpukat dari supermarket, simpanlah buah tersebut di suhu ruang hingga tekstur dagingnya menjadi lembut.

2. Setiap orang tentunya memiliki selera masing-masing. Sebagian orang sangat menyukai guacamole bertekstur kasar, namun ada pula yang mengolah guacamole hingga halus.

BACA JUGA:

Buat Permainan Ringan, Trik Mudah Bikin Pesta Meriah Tanpa Menguras Budget

RESEP NENEK: Gulai Kambing Kacang Hijau Lezat & Menggugah Selera untuk Makan Siang

3. Beberapa chef profesional asal Meksiko kerap menambahkan taburan garam dan sedIkit bawang putih ke dalam olahan guacamole untuk menambah cita rasanya. Sebagai variasi, Anda juga bisa menambahkan sedikit ketumbar, bawang putih cincang, cabai hijau cincang, dan sedikit air perasan lemon. Ketika sudah dirasa pas, Anda bisa menambahkan potongan buah-buahan segar seperti tomat, jeruk, dan bahkan potongan daging ikan asap atau kacang-kacangan.

4. Olahan guacamole memang sangat rentan berubah warna. Tapi Anda bisa memperlambat proses tersebut dengan memilih varietas alpukat yang tepat (hass), lalu tambahkan air perasan lemon. Setelah diaduk rata, simpan guacamole dalam wadah plastik, kemudian simpan di tempat yang dingin.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini