Share

Tepuk Tangan! Wanita Ini Berhasil Ciptakan Tepung dari Sisa Pembuatan Wine

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Selasa 05 September 2017 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 05 298 1769711 tepuk-tangan-wanita-ini-berhasil-ciptakan-tepung-dari-sisa-pembuatan-wine-pjxlA8dWOu.jpg Tepung wine (Foto:Foodwine)

ANDA mungkin tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa ternyata wine dapat diolah menjadi bahan makanan yang kini dikenal dengan sebutan, wine flour. Meski terdengar aneh, ini merupakan sebuah inovasi baru yang tengah menjadi perbincangan hangat.

Berdasarkan WSKG News, wine flour ini terbuat dari sisa anggur yang sering dijumpai setelah proses pembuatan wine selesai. Salah satu jenis wine flour yang kini diproduksi oleh Hillary Niver-Johnson, lulusan SUNY College of Environmental Science Forestry, ternyata sudah sering digunakan sebagai suplemen kue, yang berfungsi untuk memperkaya cita rasanya.

Kendati demikian, masih banyak pembeli yang salah kaprah bahwa wine flour ini dapat digunakan sebagai pengganti tepung terigu. Padahal, fungsi bahan makanan ini hanya untuk memperkaya nutrisi yang terdapat pada kue kering dan olahan pastry lainnya.

BACA JUGA:

LUAR BIASA, Meksiko Pecahkan Rekor Dunia Bikin Guacamole Sebanyak 3 Ton!

Bayangkan Bagaimana Serunya Menyantap Smoothie Bowl Cantik Penuh Warna Ini

“Tepung ini mengandung serat, protein, antioksidan, vitamin, dan mineral yang sangat tinggi. Karena serat dan protein yang terkandung dalam setiap pon tepung mencapai 150 gram serat dan 150 gram protein, jadi Anda hanya perlu menambahkan sedikit wine flour untuk mendapatkan warna, rasa, dan nutrisi yang ideal,” jelas Niver-Johnson.

Cooking Light sempat menguraikan bagaimana tepung berwarna ungu itu dibuat. Berdasarkan penelusuran mereka, sisa buang anggur yang disebut pomace akan dipanen, lalu benih dan kulitnya akan dipisahkan sebelum digiling dan dicampurkan beberapa bumbu tambahan lainnya hingga menghasilkan tepung berkualitas. Mereka juga menambahkan bahwa wine flour juga dapat digunakan untuk membuat pasta dan bahkan granola bars.

BACA JUGA;

Wajib Tahu! Daging Murah Bisa Jadi Steak Lezat dengan 3 Cara Ini, Perhatikan Marinasinya

Astaga! Restoran Ini Sajikan Steak Sebesar Kepala Manusia!

Niver-Johnson kini mendirikan sebuah toko khusus wine flour di kampung halamannya di Hector, New York, yang dikeliling oleh perkebunan anggur. Ia meminta para petani setempat untuk memberikannya sisa anggur daripada harus membuangnya ke tempat sampah.

Hingga saat ini, Niver berhasil menjual tepung hasil produksinya hingga New York Utara dan California. Ia juga membuat olahan tepung yang mirip dengan produk merlot, riesling, cabernet, dan pinot noir. Untuk memproduksi tepung unik tersebut, Niver-Johnson hanya dibantu oleh tiga orang karyawan. Ia berharap bisa segera menjual produknya di berbagai pusat perbelanjaan di Amerika maupun di dunia. Demikian dilansir dari Food & Wine, Selasa (5/9/2017).

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini