nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RESEP NENEK: Bersantap dengan Pepes Ikan Peda yang Gurih-Gurih Pedas Yuk!

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 05:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 05 298 1769933 resep-nenek-bersantap-dengan-pepes-ikan-peda-yang-gurih-gurih-pedas-yuk-H7wEuD4PSR.jpg Pepes ikan peda (Foto: Istimewa)

MENU hidangan pepes yang paling banyak dibuat oleh masyarakat Indonesia, biasanya adalah pepes yang menggunakan bahan utama yang mudah didapat dan berharga murah.

Sebut saja mulai dari pepes tahu, pepes jamur, sampai pepes ikan. Bicara soal pepes ikan, pepes ikan peda rasanya bisa dibilang menjadi salah satu hidangan pepes favorit karena hadir dengan cita rasa asin dan pedas yang notabene disukai oleh kebanyakan lidah orang Indonesia.

Namun tahukah Anda sebenarnya hidangan pepes ikan peda ini berasal dari mana? Seperti disebutkan dalam “80 Warisan Kuliner Nusantara” yang disusun oleh Semijati Purwadaria, pepes ikan peda berasal dari daerah Jawa Barat yang di mana di Jawa Barat ini sendiri ikan peda memang terkenal diolah sebagai masakan pepes dengan bumbu rajangan bercita rasa pedas.

Hidangan pepes ikan peda, diketahui lebih lanjut memiliki perbedaan dengan hidangan pepes ikan lainnya. Pasalnya, pepes ikan peda hanya memakai bumbu iris yang jenisnya sangat simpel, yakni bawang merah, bawang putih, cabai rawit, daun salam, dan serai.

Bumbu irisnya nanti ditebarkan di atas ikan. Meski dibumbui dengan bumbu yang sederhana, rasa pepes ikan peda tetap sedap dan segar karena memadukan cita rasa asin, pedas, dan asam segar.

Nah, jadi penasaran kan bagaimana cara membuat pepes ikan peda ini? Sebagaimana disadur “80 Warisan Kuliner Nusantara”, Rabu (6/9/2017).

BACA JUGA:

Bahan-bahan;

4 ekor ikan peda, dicuci bersih;

15 butir bawang merah, diiris tipis;

3 buah cabai merah besar, diiris serong;

6 siung bawang putih, diiris tipis;

1/8 sendok teh garam;

½ sendok teh gula pasir;

4 lembar daun salam;

Daun pisang untuk membungkus;

BACA JUGA:

Cara membuat;

1. Aduk rata bawang merah, cabai merah besar, bawang putih, garam, dan gula pasir;

2. Ambil daun pisang, letakkan selembar daun salam. Beri ikan peda beserta bumbunya, bungkus lalu semat dengan tali;

3. Kukus selama 40 menit sampai matang, lalu bakar hingga harum;

4. Sajikan dengan nasi hangat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini