nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Uji Nyali di Jembatan Terpanjang di Dunia, Berani Coba?

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 05 September 2017 06:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 05 406 1769406 uji-nyali-di-jembatan-terpanjang-di-dunia-berani-coba-mXa8KX1vCp.jpg Jembatan Terpanjang di Dunia (Foto: CNN)

JEMBATAN menjadi salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh para wisatawan. Pasalnya, jembatan merupakan penghubung dari satu daerah ke daerah yang lain. Jembatan biasanya dipisahkan oleh sungai ataupun jurang yang cukup dalam. Jembatan juga diperlukan agar mempermudah para wisatawan mengakses tempat wisata.

 BACA JUGA:

Di penjuru dunia ini, banyak terdapat jembatan-jembatan yang unik dan bahkan tidak jarang pula terkesan ekstrem. Misalnya saja, ada sebuah daerah di Kalimantan yang memiliki jembatan akar. Jembatan akar tersebut awalnya, hanya berupa jembatan yang terbuat dari bambu. Namun, pada ujung jembatan dililitkan akar pohon beringin sebagai tali. Lambat laun, seiring berputarnya waktu, akar pohon beringin yang dililitkan itu menjalar ke ujung jembatan yang berada di seberangnya, hingga menutupi permukaan bambu.

BACA JUGA:

Berbeda di Kalimantan, sebuah jembatan pejalan kaki terpanjang alias terjauh di dunia telah rampung dibuat dan diresmikan pada 29 Juli 2017 lalu. Bagaimana tidak didaulat sebagai jembatan terpanjang, jika bentangannya saja mencapai 1.621 kaki atau sebanding dengan hampir setengah kilometer, dan lebarnya pun 279 kaki yang setara dengan 85 meter, seperti yang dikutip dari CNN, Selasa, (5/9/2017).

Jembatan Charles Kuonen Suspension Bridge yang berada di Swis ini telah berhasil memecahkan rekor dengan kategori sebagai jembatan gantung penjalan kaki terpanjang dunia, menurut Zermatt Tourism. Jembatan yang tidak biasa tersebut memiliki pemandangan yang sanggup membuat penggunanya membelalakan mata hingga lupa berkedip.

Seperti yang tertulis di laman CNN, jembatan menawarkan pemandangan pada pejalan kaki berupa Matterhorn Weisshorn dan Bernese Alps yang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Sensasi ketika melintasi di jembatan gantung terpanjang ini tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata.

Jembatan ini sebenarnya menggantikan sebuah jembatan tua yang telah rusak akibat terhantam batu yang jatuh dari atas tebing. Sehingga, dibuatlah jembatan baru yang menghubungkan Kota Zermatt dan Grachen. Dengan dibuatnya jembatan baru, maka kasus jembatan terhantam batu sudah dapat dihindari karena ketinggian yang dimilikinya.

Akan tetapi, biarpun risiko terhantam batu telah dihapuskan, bagi pejalan kaki yang memiliki rasa takut yang besar terhadap ketinggian dan nyali yang dimiliki tidak cukup kuat, maka melintasi Jembatan Charles Kuonen ini harus dipertimbangkan kembali.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini