nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati Pilih Energy Bar sebagai Camilan, Jangan yang Banyak Gula!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 06:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 05 481 1769866 hati-hati-pilih-energy-bar-sebagai-camilan-jangan-yang-banyak-gula-UMeBY1QoVV.jpg Ilustrasi (Foto: Energy bar)

GENERASI milenial punya kebiasaan baru dalam mengisi waktu luang, ngemil. Ya, menyediakan makanan ringan di dalam tas menjadi cara unik untuk kemudian dimakan saat waktu senggang. Makanannya beragam, mulai dari cokelat, permen, sampai keripik.

Nah, belakangan ini energy bar juga mulai ramai dikonsumsi. Beberapa dari masyarakat bahkan menyediakan makanan ini setiap hari di jam-jam menunggu waktu makan siang dan pulang kerja. Alhasil, konsumsi energy bar menjadi lebih banyak.

BACA JUGA:

Perlu Anda ketahui, energy bar yang ada di pasaran adalah sumber nutrisi yang mudah didapatkan dan tersedia dalam banyak rasa. energy bar sendiri banyak diperkaya dengan vitamin dan mineral yang dapat membantu mengisi kesenjangan nutrisi. Tapi, seperti banyak camilan dalam kategori tertentu, tidak semua energy bar diciptakan sama.

Dilansir dari CNN, ada beberapa energy bar yang rendah lemak jenuh dan gula sekaligus. Bahkan, beberapa dari energy bar juga tinggi protein dan serat sehingga bisa menjadi menu makanan ringan yang bergizi. Makanya, banyak dari masyarakat memilih camilan ini dibandingkan yang lainnya. Tapi, perlu Anda ketahui bahwa ada juga, lho, energy bar yang mengandung banyak gula. Jadi tetap harus berhati-hati dalam memilih energy bar.

Salah satu energy bar yang ada di pasaran adalah energy bar yang dilengkapi dengan biji-bijian dan buah. Menurut ahli, energy bar jenis ini cukup baik untuk dikonsumsi secara rutin. Tapi, jangan sekali-kali Anda mengganti makanan pokok dengan energy bar. Sebab, protein yang dikandung rasanya tidak akan mencukupi asupan harian Anda.

Tapi, sekadar untuk mengganjal perut, energy bar yang mengandung protein tinggi bisa jadi pilihan. Tetap aman. Disarankan untuk memilih energy bar yang jumlah proteinnya sekitar 10 sampai 20 gram. Perlu Anda ketahui, energy bar tinggi protein biasanya dikonsumsi atlet.

Sementara itu, Anda yang ingin mengonsumsi energy bar harian, disarankan untuk memilih energy bar yang mengandung lemak jenuh kurang dari 3 gram dan paling sedikit 4 gram serat. Minyak nabati dan lapisan cokelat yang biasanya dikandung energy bar akan meningkatkan lemak jenuh.

BACA JUGA:

Anda juga harus hati-hati dengan energy bar dengan ramuan seperti sirup, nasi merah, atau sirup invert. Sebab, pada umumnya, gula yang terkandung di dalam jenis energy bar itu lebih tinggi daripada yang lain. energy bar itu pun dirasa lebih cocok dikonsumsi untuk para atlet bukan mereka yang ingin kurus.

Yang perlu diperhatikan lainnya adalah kandungan gula alkohol seperti maltitol atau erythritol. Sebab, dua unsur makanan itu kurang baik dalam mengontrol kadar gula tubuh Anda. Dua kandungan alkohol itu juga sulit diserap tubuh sehingga dapat mengakibatkan gangguan pencernaan.

Kembali ditegaskan, energy bar tidak bisa menggantikan keseluruhan makanan Anda, terutama buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Sebab, energy bar hanya mengandung sebagian kecil manfaat dari makanan itu saja.

Tetapi, tidak maksimal dalam memberikan manfaat makanan utuh tersebut. Jadi, boleh menyediakan energy bar di tas, tapi makan siang tetap dengan makanan pokok, ya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini