Share

Ingin Buat Lasagna yang Lezat dan Sempurna, Chef Profesional Ini Ungkapkan Tips Jitu untuk Mengolahnya

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Rabu 06 September 2017 18:57 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 06 298 1770650 ingin-buat-lasagna-yang-lezat-dan-sempurna-chef-profesional-ini-ungkapkan-tips-jitu-untuk-mengolahnya-tKJTVpzyp7.jpg Lasagna lezat dan sempurna (Foto: Foodandwine)

SEBAGIAN besar orang yang berasal dari Italia selalu berkata bahwa olahan pasta terlezat yang pernah mereka cicipi, tidak lain adalah racikan tangan ibu mereka sendiri. Hal ini juga diakui oleh seorang chef profesional bernama Michael Symon. Setelah dinobatkan sebagai pemenang Iron Chef pada 2007 lalu, Symon kini melebarkan sayapnya dengan membuka sebuah restoran Italia di Atlantic City’s Borgata Hotel Casino & Spa.

Restoran ini merupakan bentuk penghormatan Symon kepada ibunya, Angel. Dengan mengusung nama Angelin, hampir semua menu makanan yang ditawarkan restoran, terinspirasi dari hidangan Italia klasik yang berasal dari resep sang ibunda tercinta. Namun, salah satu hidangan andalan dan menjadi menu favorit Symon adalah racikan lasagnanya yang sangat khas.

“Setiap hari Rabu di rumah orang tua saya merupakan ‘malam lasagna’. Semua teman saya sampai memohon untuk diperbolehkan memakan hidangan tersebut di rumah saya. Dari kejauhan, Anda bisa mencium aroma lezat lasagna yang sedang dibakar oleh ibuku. Saya sudah makan lasagna dari setiap penjuru bumi, dan saya belum menemukan yang terbaik dari racikan ibuku,” kata Symon.

BACA JUGA:

Symon juga tidak ragu-ragu menjelaskan sejumlah tips ampuh untuk mengolah lasagna yang lezat, gurih, dengan tekstur lembut sempurna. Penasaran? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Food & Wine, Rabu (6/9/2017).

Mi

Menurut Symon, potongan atau tekstur mi juga mempengaruhi rasa akhir Lasagna. “Jangan ragu-ragu untuk merebus mi karena proses ini akan membuat teksturnya menjadi lebih sempurna,” katanya. Symon juga sempat mengutip salah satu tips yang disampaikan salah satu rekan kerjanya, “Saat merebus mi, taburkan garam ke dalam air rebusan hingga rasanya seperti air laut. Karena disinilah kesempatanmu untuk membumbui pasta,” tambah Symon.

Keju

Untuk menjaga agar lapisan lasagna tetap lembut dan tidak berantakan, Anda bisa menggunakan Angel’s trick. “ Salah satu hal yang selalu dilakukan ibuku adalah memasukkan campuran ricotta dalam kantung plastik atau piping bag. Dengan cara ini, adonan lasagna akan menyebar dengan cepat dan merata sesuai dengan yang Anda inginkan,” ungkap Symon.

BACA JUGA:

Wajan

Symon mengatakan bahwa panci atau wajan yang ideal untuk mengolah lasagna adalah berukuran 9 x 13 inci. “Ukuran tersebut akan membuat bahan-bahannya mengental dengan sempurna, sehingga hasilnya akan lebih tebal, lembut, dan menggugah selera,” katanya. Jika menggunakan wajan yang memiliki permukaan lebar, adonan lasagna pun cenderung akan menyebar sehingga teksturnya akan lebih tipis.

Sentuhan akhir

Jangan ragu-ragu menambahkan potongan keju mozarella atau keju parmesan segar di atas lasagna agar cita rasanya lebih gurih dan menggoda. “Tips lain dari ibu saya, selalu tutupi lasagna dengan foil pada awal proses memasak. Lalu keluarkan dan lepas foil pada 10 menit terakhir agar keju diatasnya menjadi lebih matang dan renyah,” tukasnya.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini