nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren! Bunga yang Merekah di Dalam Mangkuk Ini Ternyata Tahu

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 07 September 2017 05:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 06 298 1770700 keren-bunga-yang-merekah-di-dalam-mangkuk-ini-ternyata-tahu-mrU9YPsynK.jpg Hydreange (Foto: Youtube)

IDE makanan unik seperti tak bisa dibendung, banyak makanan dan minuman terbaru yang hadir dengan tampilan menarik. Tujuannya tentu saja untuk menarik perhatian para pencinta kuliner yang juga merangkap penyebar berita viral alias pengguna media sosial.

Pencinta kuliner masa kini bukan hanya mencari makanan lezat saja tapi seolah menjadi tugas baru, mereka juga mencari makanan yang sedap difoto. Terlihat dalam satu sajian semangkuk sup yang hadir dengan isi bunga yang merekah cantik.

BACA JUGA:

Jika dilihat sekilas, mungkin tidak ada yang mengira itu adalah tahu. Tapi video yang diposting dalam instagram @thisisinsider, Kamis (7/9/2017) terlihat proses cara membuat si bunga putih yang merekah ini.

Tahu sutra yang awalnya berbentuk persegi ini kemudian dicetak menggunakan cookie cutter bentuk bulat. Selanjutnya dengan menggunakan pisau besar, tahu ini dipotong dengan teknik yang memukau.

Gerakan cepat dan konsisten membuat guratan pada tahu. Irisan sangat tipis dilakukan pada seluruh bagian tahu. Saat satu sisi sudah terpotong sepenuhnya, maka gerakan memotong dilanjutkan dengan sisi lainnya.

Saat semua bagian tahu sudah terpotong, chef akan memasukkannya dalam wadah berisi air matang. Dari sini terlihat cetakan bulat akan membentuk bunga yang cantik sementara sisi lainnya akan hancur bersama air. Jika dilihat, tahu ini menghasilkan bentuk bunga yang mengagumkan.

Setidaknya dibutuhkan waktu selama 3 tahun untuk mempelajari teknik memotong tahu seperti ini. Adalah restoran Chili Party yang berbasis di Shenzhen, China yang menyajikan makanan nyentrik sekaligus instagramable ini.

Bunga tahu ini disebut hydrangea tofu dan sajian sup gurihnya diberi nama hydrangea tofu soup.

Pembuatnya yakni Chef Denis Jia yang belajar secara khusus dari Don YuZhen di China. Jika ditelisik lebih dalam maka setidaknya ada 3600 irisan tipis tofu yang disajikan dalam semangkuk sup.

BACA JUGA:

Tak seperti kebanyakan sup lain yang terdiri dari banyak komposisi isian sepeti sayuran, maka hydrangea tofu soup ini hanya berupa kaldu ayam bening yang diberi tahu bentuk bunga. Tertarik mencobanya?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini