Harako Meshi, Sajian Salmon Bertabur Caviar Khas Jepang yang Belum Banyak Orang Tahu!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 07 September 2017 06:50 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 06 298 1770788 harako-meshi-sajian-salmon-bertabur-caviar-khas-jepang-yang-belum-banyak-orang-tahu-y02Z5cpEWM.jpg Harako Meshi (Foto: Xperience)

KETIKA berbicara makanan khas Jepang, sebagian orang pastinya sudah familiar dengan sushi, ramen, kari dan gyoza. Tetapi ternyata, beberapa kota di Jepang memiliki segudang makanan tradisional dengan cita rasa lezat dan proses pengolahan yang sangat unik. Tohoko, wilayah paling utara di Pulau Honshu adalah salah satu contohnya.

Ahli kuliner Jepang sekaligus penulis buku “KIBO – Brimming with Hope”, Elizabeth Andoh, sempat menjelaskan beberapa kuliner khas Tohoku yang wajib Anda cicipi saat mengunjungi Jepang. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari CNN Travel, Kamis (7/9/2017).

BACA JUGA:

Shiso Maki

Kawasan Tohoku di Jepang memang dikenal sebagai produsen kacang kenari berkualitas. Para konsumen bahkan mendeskripsikan bahwa kacang kenari asli Tohoku memiliki tekstur yang ‘gemuk’ dengan aroma harum yang sangat menggoda saat dipanggang, atau dihancurkan untuk diolah menjadi semangkuk miso.

Berbicara soal miso, di tempat ini ada salah satu olahan miso yang cukup terkenal namun masih sangat asing ditelinga pencinta kuliner intarnasional. Hidangan tersebut bernama Shiso Maki. Shisho Maki terbuat dari irisan daun shiso (sejenis tumbuhan khas Jepang) yang dicampurkan ke dalam miso, lalu ditambahkan 7 macam bumbu rempah-rempah untuk mendapatkan sensasi manis dan pedas yang khas.

Hittsumi-jiru

Makanan yang satu ini termasuk dalam kategori comfort food yang sangat disukai oleh penduduk Tohoku. Hittsumi-jiru merupakan olahan sup yang terdiri dari mie, irisan daging babi, beberapa potong sayuran, serta kuah kaldu yang sangat gurih. Jika baru pertama kali mencicipi hidangan ini, Anda mungkin akan terkejut melihat bentuk minya yang sangat unik. Dalam bahasa Jepang, hittsumi memiliki arti “mencubit”. Kata ini digunakan untuk mengambarkan bagaimana proses pembuatan mi untuk sajian Hittsumi-jiru.

Harako meshi

Berdasarkan bukti arkeologi, sejak 5.000 tahun silam penduduk Tohoku ternyata telah bekerja sebagai nelayan, dan salmon adalah salah satu tangkapan utama mereka. Sehingga tidak mengherankan jika salmon memaikan peran penting dalam sejumlah masakan khas Tohoku. Contoh kecilnya adalah Harako meshi (nasi salmon). Hidangan ini merupakan satu dari sekian banyak makanan tradisional khas Tohoku yang selalu disajikan dalam setiap pertemuan keluarga.

Saat disajikan sebagai makanan biasa, daging salmon cenderung dipipihkan lalu diletakkan di atas nasi sebelum dikukus. Hidangan tersebut kemudian akan ditambahkan satu sendok salmon caviar sebagai pelengkap. Namun kini sudah banyak juru masak profesional yang menyajikan daging salmon dan caviar dalam kondisi matang seutuhnya.

BACA JUGA:

Kaki no dote nabe

Pencinta tiram atau oyster mungkin akan ketagihan ketika mencicipi Kaki no dote nabe. Hidangan ini terdiri dari daging tiram yang direbus dengan kuah kaldu (miso) di dalam panci, lalu ditambahkan beberapa sayuran segar, dan di rebus beberapa detik hingga warna dan teksturnya mulai berubah atau mengempuk.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini