nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UNCOVER INDONESIA: Tak Hanya Umbul Ponggok, di Klaten Juga Ada Umbul Manten yang Lagi Hits dan Menyimpan Mitos Unik!

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 16:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 06 406 1770457 uncover-indonesia-tak-hanya-umbul-ponggok-di-klaten-juga-ada-umbul-manten-yang-lagi-hits-dan-menyimpan-mitos-unik-rGQPZhHo2T.jpg Umbul manten (Foto: Instagram)

ANDA mungkin sudah pernah mendengar nama Umbul Ponggok. Tapi bagaimana dengan Umbul Manten? Sama-sama terletak di Klaten, Umbul Ponggok lebih populer dibanding Umbul Manten.

Hal ini dikarenakan Umbul Ponggok telah lebih dulu dikelola pemerintah setempat untuk dipromosikan sebagai tempat wisata unik. Properti seperti sepeda dan televisi ditata sedemikian rupa di dasar kolam, dilengkapi dengan ratusan ikan air tawar untuk menambah keindahan.

Meski demikian, Umbul Manten tak kalah menariknya untuk dikunjungi. Kolam renang dari sumber mata air alami ini dapat dibilang lebih original dari Umbul Ponggok. Terbukti, tak satu pun properti tambahan dimasukkan ke dalam kolam ini.

 BACA JUGA:

Umbul Manten terletak di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kolam renang alami yang terletak di dekat perumahan warga ini dikelilingi pohon ipik yang tinggi besar. Sehingga tak hanya airnya yang segar, udaranya pun bersih dan terasa asri.

 

(Foto: Instagram)

Umbul Manten memiliki air yang sangat jernih karena selalu dialiri sumber mata air. Sumber mata airnya berasal dari Umbul Peteng dan Umbul Pelem. Karena kejernihannya, bebatuan yang menutupi dasar kolam terlihat jelas. Anda juga bisa melihat akar pohon ipik besar di salah satu dinding kolam.

Kolamnya memiliki kedalaman sekira 1,5 meter. Sehingga memungkinkan para pengunjung berenang dengan leluasa. Dahulu, umbul-umbul yang ada di Klaten digunakan warga untuk pengairan sawah dan tempat budi daya ikan air tawar. Namun seiring dengan berkembangnya tren pariwisata, kolam renang alami ini dijadikan sebagai obyek wisata.

Di balik kejernihan dan kesegaran kolam renang alami ini, ternyata ada mitos yang melatarbelakangi terciptanya Umbul Manten. Jika dilihat dari namanya, "Manten" dalam bahasa jawa berarti pengantin. Sehingga asal-usulnya berhubungan dengan pengantin.

Konon, ada sepasang pengantin yang tak diizinkan keluar rumah sebelum 40 hari setelah pernikahan. Namun pasangan ini melanggar aturan yang diberikan orangtuanya. Saat di tengah jalan, sang pria menoleh ke belakang dan mencari istrinya. Namun mereka sudah terpisah dan tak pernah bertemu kembali. Inilah sebabnya terdapat dua kolam kecil di Umbul Manten yang diberi nama Umbul Lanang dan Umbul Wadon.

BACA JUGA:

Kemudian Umbul Manten juga kerap digunakan sebagai lokasi acara siraman untuk calon pengantin. Kini, siapa pun bisa berenang di dalamnya dan merasakan kesegaran air Umbul Manten. Umbul ini dibuka 24 jam untuk wisatawan dengan harga tiket Rp2 ribu saja.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini