nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Agenda Seru di Festival Pesona Tanjung Lesung 2017

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 15:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 06 406 1770502 intip-agenda-seru-di-festival-pesona-tanjung-lesung-2017-2DZqdPuX33.jpg Pesona Tanjung Lesung (Foto: Okezone)

TANJUNG Lesung merupakan salah satu dari 10 destinasi prioritas Tanah Air. Berbagai cara pun dilakukan demi meningkatkan popularitas dan mengembangkan pariwisata.

Tahun ini, salah satu cara yang dilakukan untuk menarik kunjungan wisatawan adalah dengan menyelenggarakan Festival Pesona Tanjung Lesung 2017. Festival yang mengusung tema "Sport & Adventure" ini akan digelar pada 22 - 24 September 2017.

Dengan tema tersebut, terlihat bahwa event olahraga dan petualangan menjadi fokus utama untuk memajukan pariwisata Tanjung Lesung. Melalui ajang wisata olahraga (sport tourism), kunjungan wisatawan diharapkan dapat bertambah pesat.

Baca Juga: Kelilingi Dunia Pakai Sepeda, Pria Skotlandia Ini Patut Diacungi Jempol

"Hasil survei mengatakan di luar yang sudah terkenal adalah seven wonders. Banten unggul dengan pariwisata bahari, paling dekat adventure dan sport. Dari lima event yang ada di acara ini, empat sport adventure, satunya kebudayaan," jelas Menteri Pariwisata Arief Yahya di Gedung Kementerian Pariwisata, Selasa 5 September 2017.

Dalam Festival Pesona Tanjung Lesung, event unggulan yang akan ditampilkan adalah Rhino Cross Triathlon atau disebut dengan Rhino X-Tri. Triathlon sendiri merupakan olahraga yang menuntut atlet untuk melakukan tiga kegiatan non stop berupa renang, balap sepeda, dan lari.

Acara sport tourism ini akan diwarnai dengan kegiatan Sunset Trail Run & Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XC) dari berbagai negara. Arief Yahya sendiri mendukung acara sport tourism ini karena dinilai berhasil diterapkan di daerah lain.

Baca Juga: Uji Adrenalin di Waterpark Dunia, Mulai dari Meluncur hingga Berada Dekat Hiu

"Kita memulai dengan sesuatu yang sudah populer. Sport tourism yang paling populer adalah triathlon. Sehingga dilakukan berkali-kali dan sudah berhasil di Bintan," ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan sport tourism memang bukan cara yang efektif untuk menarik kunjungan wisatawan. Namun acara ini memiliki media value yang tinggi sehingga dapat mempromosikan Tanjung Lesung dan menarik kunjungan wisatawan dalam jangka panjang.

Gubernur Banten Wahidin Halim juga menjelaskan bahwa potensi pariwisata Banten sangat besar. Provinsi tersebut memiliki 1.166 daya tarik wisata yang terdiri dari 344 alam, 591 sejarah dan budaya, serta 231 minat khusus atau buatan.

Baca Juga: SHARE LOC: Caving Goa Rahasia di Ha Long Bay, Temukan Kecantikan Tersembunyi dari Danau Turquoise

Selain itu, akan ada festival budaya yang ditampilkan sebagai salah satu daya tarik Festival Pesona Tanjung Lesung 2017. Mulai dari Festival Bebegig (orang-orangan sawah), kolecer atau kincir angin, bazar kuliner Banten, hingga Pandeglang 10K.

Event ini akan digelar di Beach Club Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. Di pantai ini, para pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan pantai sambul melakukan kegiatan olahraga laut seperti stand up paddle board, kayak, dan joy sailing.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini