nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SHARE LOC: Penat dengan Rutinitas? Yuk, Santai Sejenak Wisata ke Hutan Pinus Catang Malang Bogor

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 07 September 2017 05:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 06 406 1770657 share-loc-penat-dengan-rutinitas-yuk-santai-sejenak-wisata-ke-hutan-pinus-catang-malang-bogor-wrnHn5D5oE.JPG Foto: malesmandicom

WAKTU yang terbatas terkadang menjadi momok bagi para pekerja yang mengadu nasib di ibukota untuk pergi berlibur walau hanya sebentar. Belum lagi padatnya aktivitas dan setumpuk pekerjaan yang dikejar deadline membuat pekerja tidak bisa meninggalkan rutinitas mereka untuk sementara. Maka tak heran bila pekerja mencari tempat wisata yang dekat dan bisa ditempuh dengan hitungan jam.

Bogor merupakan salah satu daerah yang sering dijadikan pilihan oleh para pekerja. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta dan banyaknya destinasi wisata membuat kota hujan itu tidak pernah sepi didatangi oleh wisatawan. Salah satu tempat yang sering dikunjungi adalah hutan pinus.

Di Bogor, hutan pinus yang terkenal ada di Gunung Pancar. Tapi jangan salah, masih ada tempat lain yang tidak kalah indah. Tempat tersebut adalah Hutan Pinus Catang Malang. Akses ke tempat ini cukup mudah yaitu bisa melalui Jonggol, Citeureup, atau Sentul. Beberapa tahun terakhir, hutan pinus memang tengah menjadi favorit banyak orang.

Rimbunnya pepohonan pinus yang membuat udara menjadi sejuk membuat siapa saja yang datang berkunjung merasa betah untuk berlama-lama. Terlebih hutan pinus biasanya berada di daerah dataran tinggi dan jauh dari keramaian. Maka tidak heran bila hutan ini dijadikan pilihan untuk menghilangkan penat oleh para pekerja. Ketenangan dan semilir angin bisa membawa perasaan tersendiri.

Hutan Pinus Catang Malang terletak di antara Kecamatan Cisarua, Bogor dan Kabupaten Cianjur. Secara administratif, hutan yang terletak di Desa Wargajaya ini masuk dalam wilayah Cianjur. Hanya saja pihak yang mengelola tempat ini adalah Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bogor.

Tak jarang hutan ini ditutupi kabut tipis yang sedang turun sehingga udara akan terasa lebih dingin. Untuk itu, apabila Anda berniat mengunjungi tempat ini jangan lupa menggunakan pakaian hangat agar lebih nyaman. Anda juga harus lebih berhati-hati karena masih banyak satwa liar seperti monyet dan ayam hutan yang bekeliaran.

Di Catang Malang, bukan hanya kumpulan pohon pinus yang bisa Anda nikmati. Di sisi hutan terdapat perkebunan lain, area pohon jati, dan hamparan sawah yang berwarna hijau. Selain itu, ada juga 3 curug yang bisa dikunjungi yaitu Curug Cidulang serta Curug Ciherang 1 dan 2. Untuk masuk ke Hutan Pinus Catang Malang, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000,-.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini